Selasa, Maret 5, 2024
spot_imgspot_img

FAKTA TERBARU

KETIKA BERKENDARA MASIH BANYAK YANG TIDAK MENGGUNAKAN KACA HELM

Advertisementspot_imgspot_img
Advertisementspot_imgspot_img

(fakta9.com)__Pada umumnya, setiap helm dibekali dengan visor atau kaca helm. Bagian dari helm ini memiliki fungsi yang penting, yaitu untuk melindungi penggunanya.

BACA JUGA: Satu keluarga korban kebakaran di tangerang di kuburkan di Bejiharjo

Kaca helm memiliki fungsi untuk melindungi muka dari terpaan angin saat berkendara. Namun, masih banyak pengendara yang menyepelekan fungsi tersebut.

Ilustrasi ketika kaca helm tidak digunakan saat berkendara.( Foto)

Dikutip dari Kompas.com pada (14/10/2020), Setyo Sunarko, Trainer Yamaha Riding Academy On Road & Off Road, mengatakan, saat riding sebaiknya kaca helm ditutup untuk melindungi mata dari debu, sehingga penglihatan tidak terganggu.

“Jika penglihatan pengendara terganggu, bisa menimbulkan potensi bahaya. Menutup visor juga dapat mengurangi debu yang dihirup pengendara saat riding,” kata Setyo,

BACA JUGA:Pelaku pencurian helm di bekuk jajaran polsek Playen

Namun, beberapa pengendara ada yang tidak merawat helmnya sendiri. Sehingga, bagian kaca helm ada yang buram karena sudah baret-baret.

Dalam kondisi tersebut, sebaiknya kaca helm diganti dengan yang baru. Sudah banyak toko helm yang menjual kaca helm untuk mengganti kaca lama yang sudah baret.

“Kalau visor kotor juga sebaiknya dibersihkan dulu sebelum digunakan. Helm merupakan pelindung bagian vital pada manusia, disarankan untuk merawat helm dengan baik,” ujar Setyo.

Dengan kaca helm yang bersih, tak hanya nyaman digunakan, tapi juga menunjang keamanan berkendara. Pengendara bisa melihat jalanan dengan jelas. Sehingga, akan mudah menganalisa bahaya yang dapat ditemui di jalan.

BACA JUGA:Meski sempat ditolak oleh warga, dukuh Widoro tetap dilantik oleh Lurah Balong

Kondisi Hujan
Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani mengatakan, menutup kaca helm saat hujan dapat membantu mencegah air langsung mengenai muka pengendara.

Ilustrasi berkendara ketika musim hujan. (Foto)

“Kaca helm juga membantu saat hujan karena mencegah air masuk dan mengganggu pandangan. Jika air masuk, pengendara bisa kehilangan konsentrasi, dan itu bisa bahaya,” kata Agus dilansir dari Kompas.com

Menurut Agus, kaca helm boleh saja dibuka atau ditutup ketika motor sedang berhenti, tergantung kebiasaan dari pengendaranya. Namun, ketika kembali berjalan, sebaiknya tutup kaca helm agar tetap nyaman dan aman di perjalanan.

Redaksi

SELANJUTNYA BACA:Inilah beberapa kebiasaan untuk mengurangi stress

Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Advertisementspot_img

BACA JUGA