Sabtu, Juli 13, 2024
spot_imgspot_img

FAKTA TERBARU

Musim Hujan Rentan Dengan DBD, Dinkes Himbau Masyarakat Tidak Membeli Abate Yang Diedarkan Bebas

Advertisementspot_imgspot_img
Advertisementspot_imgspot_img

GUNUNGKIDUL (Fakta9.com)_ _// Musim hujan telah tiba, masyarakat harus waspada dengan merebaknya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti.

Berdasarkan catatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, terhitung hingga bulan Oktober 2022 ini sebanyak 409 orang yang terinfeksi DBD hingga menyebabkan 3 orang meninggal pada bulan Maret dan Februari 2022.


Baca Juga : Tempat Hiburan Karaoke Praktik Jual Beli Minuman Keras Secara Bebas


Dikatakan oleh Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan Gunungkidul, Yuyun Ika Pratiwi bahwa untuk mencegah penularan penyakit DBD maka diharapkan kepada masyarakat Kabupaten Gunungkidul untuk melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan 3M yaitu menguras, menutup dan mengubur.

“Selain PSN, ya ikanisasi, pemberian lavarsidaslektif di penampunag air. Selanjutnya mengkonsumsi makanan bergizi untuk meningkatkan imun tubuh supaya kebal terhadap semua penyakit yang menyerang. Kemudian yang kita berikan kepada masyarakat ialah fogging jika ada indikasi suatu kasus penularan DBD disuatu wilayah.” Paparnya.

Baca Juga :Polres Gunungkidul bongkar praktek prostitusi online


Ia juga menghimbau kepada warga masyarakat untuk tidak membeli abate yang diedarkan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan dinas maupun dari pihak manapun.

“Dinas tidak pernah bekerjasama dengan pihak ke tiga manapun untuk menjual, dan kami tidak pernah menjual belikan Lavarsida kepada masyarakat.” Tegas Yuyun.

 

Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

BACA JUGA