Kamis, Juni 13, 2024
spot_imgspot_img

FAKTA TERBARU

Elang Sikep Madu Terluka Diselamatkan Warga, Kondisinya Berangsur Membaik

Advertisementspot_imgspot_img
Advertisementspot_imgspot_img

GUNUNGKIDUL (Fakta9.com)_ _// Seekor burung Elang Jenis Sikep Madu Asia yang ditemukan warga dalam kondisi lemas dan alami luka tembak saat ini kondisinya sudah membaik.

Dikatakan oleh Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DIY Muhammad Wahyudi, jika saat ditemukan, pada bagian sayap kanan burung Elang tersebut terdapat luka tembak. Namun saat ini kondisinya sudah membaik.


Baca juga : Apem Jadi Ikon Makanan Khas Kapanewon Ngemplak Sleman


“Terdapat luka tembak pada bagian sayap kanan. Alhamdulillah saat ini keadaannya membaik, setelah mendapatkan perawatan oleh anggota BKSDA yang berada di Kabupaten Gunungkidul.” Ungkapnya, Senin (29/08/2022).

Elang Sikep Madu itu saat ini sudah mulai bisa mengepakkan sayapnya.

Akan tetapi menurutnya Muhammad Wahyudi, setelah mendapatkan perawatan terhadap luka tembak, burung Elang akan dikarantina terlebih dahulu selama 30 hari, sebelum di lepasliarkan.

“Setelah perawatan luka tembaknya, selama 30 hari akan dilakukan karantina sebelum melepasliarkan kembali Elang tersebut ke habitat alamnya.” terangnya.

Sementara Koordinator Resort Konservasi Wilayah Gunungkidul, Tugimayanto menambahkan jika hari ini rencannya Burung elang tersebut akan dievakuasi ke Stasiun Flora Fauna (SFF) Taman Hutan Raya (Tahura) Bunder.

“Karena keadaanya sudah membaik, maka kami evakuasi ke SFF Bunder untuk dilakukan karantina dan perawatan sampai Burung itu dalam keadaan sehat atau normal kembali dan dilepasliarkan.” Tuturnya.

Baca juga : Dinas Pariwisata Gunungkidul lelang 27 Kios Pantai Drini


Diketahui bahwa pada Jumat, (26/08/2022) lalu, sejumlah anak-anak warga Kemorosari II, Kalurahan Piyaman, Kapanewon Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, menemukan seekor burung Elang dalam kondisi lemas serta terdapat luka tembak di tubuh.

Penemuan satwa dilindungi tersebut kemudian dilaporkan ke BKSDA Gunungkidul dan segera ditindak lanjuti.


 

Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Advertisementspot_img

BACA JUGA