Sabtu, Juli 13, 2024
spot_imgspot_img

FAKTA TERBARU

Dari 30 Peserta Akan Diambil 5 Kalurahan Penyaji Terbaik Dalam Gelar Potensi Kalurahan Rintisan Budaya

Advertisementspot_imgspot_img
Advertisementspot_imgspot_img

WONOSARI (Fakta9.com)_ _// Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melangsungkan acara gelar potensi Kalurahan Rintisan Budaya bertempat di Alun-alun Pemda Gunungkidul yang diselenggarakan selama 5 hari mulai tanggal 6 sampai 10 September 2022.

Sebanyak 30 Kalurahan seGunungkidul mengikuti acara tersebut dengan menyajikan hasil produk UMKM dan pentas seni lokal di setiap Kalurahan, serta tata kelola Pemerintah Kalurahan.


Baca Juga : Depresi Karena Diceraikan Suami, Warga Semin Gantung Diri


Dalam pembukaan acara itu, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta menyampaikan bahwa dengan digelarnya acara seperti ini diharapkan dapat menjadikan sebuah pelindung diri supaya budaya asing tidak menjamur di wilayah Kabupaten Gunungkidul.

“Generasi penerus atau milineal sekarang banyak yang sudah terafiliasi dengan budaya asing, sehingga kegiatan seperti ini harus terus kita tingkatkan.” Paparnya, Selasa (06/09/2022).

Diwaktu terpisah, Kepala Dinas Kudho Kabudayan Kabupaten Gunungkidul, Agus Mantara mengatakan bahwa  nantinya di puncak acara akan diambil 5 Kalurahan Rintisan Budaya penyaji terbaik yang mendapat hadiah berupa trophy, piagam penghargaan dan juga uang pembinaan.


Baca Juga : Minim Pengawasan! Banyak Kayu Reng Pecah di Pembangunan SMPN II Tanjungsari


Adapun nominal uang pembinan yang diterima 5 Kalurahan terbaik ialah juara I senilai Rp 15 juta, juara II senilai Rp 12,5 juta, juara III senilai Rp 10 juta, juara IV senilai Rp 8 juta dan juara V senilai Rp 6 juta.

“Acara ini merupakan salah satu pendukung Kalurahan yang berstatus Kalurahan Rintisan Budaya naik status menjadi Kalurahan Budaya.” Jelasnya, Rabu (07/09/2022).

Gelar potensi Kalurahan Rintisan Budaya tersebut dibiayai dengan anggaran BKK Dana Keistimewaan ABPD Kabupaten Gunungkidul Tahun anggaran 2022.


Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

BACA JUGA