Untuk Atasi Masalah Kesehatan Jiwa, Bupati Gunungkidul Lounching ‘Gerdu Mas Haji.”.

0
Acara lounching Gerdu Mas Sehat.(foto)

WONOSARI, (Fakta9.com)_//Masalah kesehatan jiwa telah menjadi masalah kesehatan yang belum dapat terselesaikan di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Gunungkidul.

Terlebih di masa pandemi COVID-19, permasalahan kesehatan jiwa akan semakin berat untuk diselesaikan.

Baca Juga: Rumah Milik Mantan Lurah Karangawen Disita Polisi  

Untuk mengatasi hal tersebut, Bupati Gunungkidul H. Sunaryanto melaksanakan lounching Gerakan Peduli Masyarakat Sehat Jiwa (GERDU MAS HAJI), Kamis, (11/11/2021).

Disampaikan oleh H.Sunaryanto jika kesehatan jiwa merupakan salah satu masalah yang di prioritaskan oleh pemerintah. Untuk itu, hampir diseluruh wilayah Kabupaten Gunungkidul telah terbentuk Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM).

“Kita telah bentuk tim dalam peningkatan kesehatan jiwa masyarakat. Khususnya pencegahan terhadap masalah kesehatan jiwa dan intervensi dini gangguan jiwa.” terangnya.

Bupati Gunungkidul berharap, dengan adanya program ini dapat memberikan pelayanan serta pendampingan bagi masyarakat yang mengalami masalah kesehatan jiwa.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua IV TPKJM sekaligus Kepala Puskesmas Wonosari II, Arif Budiyanto, SKM menyampaikan jika angka bunuh diri di tahun 2020 -2021 di kabupaten Gunungkidul terjadi peningkatan. Untuk itu pihaknya mencoba menggerakkan semua stake holder agar bersama-sama menyelesaiakan permasalahan terkait penyakit jiwa ini.

“Dari waktu ke waktu permasalaha jiwa di Gunungkidul belum bisa selesai, tapi masih cenderung terjadi peningkatan. Untuk itu kita gerakkan semua lini untuk mengatasi masalah ini.” terangnya.

Baca Juga: Satu Tersangka Korupsi Dana Desa Getas Ditahan, Kejaksaan Masih Lakukan Pemeriksaan Untuk Membidik Kemungkinan Tersangka Lainnya

Disampaikan oleh Arif Budiarto, bahwa program ini tidak hanya berorientasi untuk menyembuhkan penyakit jiwa yang dihadapi masyarakat. Akan tetapi juga melakukan monitoring, serta pendampingan bagi warga yang mengalami penyakit jiwa.

“Setelah disembuhkan, harapanya pengidap penyakit jiwa juga diberikan pelatihan untuk meningkatkan kemandirian dan kepercayaan diri.” Jelas Arif Budiyanto

Selesai kegiatan lounching Gerdu Mas Haji yang dilaksanakan di Aula kantor PT. BPR BDG Gunungkidul dilanjutkan dengan acara Work Shop dengan tema, ” Keluarga Benteng Utama Mewujudkan Keluarga Sehat Jiwa”.


Bowo/Danar_fakta9.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here