Minggu, Maret 3, 2024
spot_imgspot_img

FAKTA TERBARU

Cegah Penyakit Hipertensi, Puskesmas Tepus 1 Luncurkan Program ‘Peri Chinta’

Advertisementspot_imgspot_img
Advertisementspot_imgspot_img

TEPUS, (Fakta9.com)__Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit degeneratif yang harus diwaspadai. Meski tidak menular, penyakit ini tidak bisa sembuh secara sempurna, bahkan beresiko kematian.

Sebagai upaya pencegahan komplikasi serta menekan angka kematian yang disebabkan oleh hipertensi, Puskesmas Tepus 1, Gunungkidul luncurkan program inovasi unggulan ‘Peri Chinta’, Kamis (06/10/2022).


Baca juga : Oknum ASN Kapanewon Girisubo Diduga Cabuli Tiga Siswi PKL


“Peri Chinta adalah periksa rutin cegah hipertensi kita.” Jelas Kepala Puskesmas Tepus 1, Bagus Purboyo

Inovasi unggulan ini, menurut Bagus dilatar belakangi banyaknya kasus penyakit hipertensi yang diderita masyarakat diwilayah Puskesmas Tepus 1.

Tidak hanya orang tua, usia remaja pun juga memiliki resiko sama mengidap penyakit degeneratif ini.

“Untuk itu kita canangkan program unggulan untuk mencegah hipertensi.” Terangnya.

Dengan adanya program ini, Puskesmas Tepus 1 bekerjasama dengan Kader kesehatan di tingkat Kalurahan (Sidoharjo dan Sumberwungu) akan melakukan penyuluhan tentang pola hidup sehat serta skrining kepada kelompok masyarakat terkait penyakit hipertensi.

Kader kesehatan kalurahan dalam acara launching program Peri Chinta.(foto)

Kemudian dari hasil pendataan jika didapatkan adanya kasus tekanan darah tinggi akan segera dilakukan tindak lanjut oleh tenaga kesehatan.

“Penyuluhan dan skrining akan kita lakukan di sekolah maupun pada kelompok masyarakat. Apabila ditemukan kasus hipertensi, maka akan segera dilakukan pemeriksaan klinis baik tekanan darah, maupun laboratorium secara berkala, serta pengobatan rutin.” Jelas Bagus Purboyo

Masyarakat yang mengalami penyakit hipertensi ini juga akan diberikan kartu pengobatan berkala yang fungsinya untuk mengetahui perkembangan kondisi kesehatannya.

Launching program ‘Peri Chinta’ yang dilaksanakan di Pantai Nglolang, Tanjungsari juga dihadiri oleh Panewu Tepus Alsito, Kapolsek Tepus AKP Jarwanto, Lurah Sidoharjo Evi Nurcahyani, Lurah Sumberwungu Ispramoyo, serta beberpa kader kesehatan dari setiap Kalurahan.

Panewu Tepus sangat mengapresiasi adanya program unggulan pecegahan hipertensi di kalangan masyarakat ini.


Baca juga : Puskesmas Girisubo Launching ‘Bubur Ayam Pak Sahadi’


Diharapkan dengan adanya program ini akan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang tentang bahaya hipertensi.

“Ini merupakan program yang luar biasa. Dengan adanya upaya pencegahan sejak dini tentang hipertensi ini dapat meningkatkan pengetahuan serta kesadaran masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat. Sehingga nantinya akan meningkatkan produktifitas.” ungkapnya.

 

Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Advertisementspot_img

BACA JUGA