Jumat, Oktober 7, 2022
spot_imgspot_img
Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Untuk Pertama Kalinya Forum Kader Bela Negara DIY Melakukan Pembinaan Dilingkup Pendidikan

spot_img
spot_img
spot_img

PLAYEN, (FAKTA9.COM)__//Mengawali tahun ajaran baru 2022/ 2023, SMK Giri Handayani Gunungkidul berkolaborasi dengan Badan Koordinator Wilayah Forum Kader Bela Negara DIY mengadakan pembinaan karakter dan Bela Negara bagi peserta didik baru. Kegiatan akan dilangsungkan selama dua hari mulai Jumat, 15 hingga 16 Juli 2022, di kawasan hutan Wanagama, Banaran, Playen, Gunungkidul.

Kepala Sekolah SMK Giri Handayani, Drs. Dani Triatmajaya.S., M.Pd, menyampaikan jika pendidikan bela negara ini menjadi sangat penting karena merupakan kebutuhan legal, seperti tertuang dalam Undang-undang Dasar 1945 Pasal 27 ayat 3.


Baca Juga : 351 Penggalang se Gunungkidul, Akan Laksanakan Jamcab XI 2022 Selama 3 Hari


Terlebih saat ini Sekolah Kejuruan bidang keahlian kesehatan ini telah menerapkan kurikulum Merdeka dalam pembelajaran. Sehingga diharapkan para siswa memiliki karakter sesuai yang diinginkan dalam kurikulum tersebut.

“Penguatan karakter Pancasila harus dimulai sejak MPLS ( Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah), bukan saat kegiatan belajar.” Tegasnya.

Lebih lanjut, disampaikan oleh Dani Triatmaja jika pembinaan karakter dan bela negara ini diikuti oleh sekitar 65 siswa-siswi kelas X.

Sementara Ketua Pelaksana Kegiatan Forum Kader Bela Negara DIY, Asep Susilo menegaskan jika kegiatan pembinaan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa semangat kebangsaan, cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara serta yakin terhadap ideologi Pancasila dengan harapan generasi muda akan menjadi pelopor perubahan di lingkup pendidikan maupun masyarakat.

Dalam agenda yang dilaksanakan selama dua hari ini, para siswa akan diberikan materi teori serta materi lapangan untuk melatih sikap, perilaku serta karakter siswa.

“Setelah mendapatkan materi bela negara ini, diharapkan para siswa dapat mengimplementasikan ilmu di lingkungan sekolah maupun di dalam masyarakat.” Terang Asep.

Pembinaan karakter dan bela negara yang diikuti oleh siswa SMK Giri Handayani ini, menurut Asep Susilo merupakan kegiatan pertama kali yang dilaksanakan di lingkup pendidikan.


Baca Juga : Mengenal Kurikulum Merdeka, Untuk Jenjang Pendidikan SD Sudah Di Terapkan Pada Tahun Ajaran 2022- 2023


Setelah selesai melaksanakan pembinaan ini, langkah ke depan Forum Kader Bela Negara DIY akan terus bersinergi serta memberikan pendampingan bagi para siswa.

“Setelah pemberian materi, kami akan tetap memberikan pembinaan serta pendampingan bagi siswa.” Ujarnya

Ia berharap, kedepan SMK Giri Handayani tidak hanya dikenal sebagai sekolah kejuruan Kesehatan, namun juga sebagai sekolah berbasis Bela Negara.


 

spot_img
spot_img

FAKTA TERBARU

JANGAN LEWATKAN