Jumat, Februari 23, 2024
spot_imgspot_img

FAKTA TERBARU

Selesai Dibangun, Masyarakat Terdampak Longsor di Blembem Mendapatkan Rumah

Advertisementspot_imgspot_img
Advertisementspot_imgspot_img

Semin (Fakta9.com)_ _//Masyarakat di wilayah Padukuhan Blembem, Kalurahan Candirejo, Semin, Gunungkidul yang tinggal di lereng bukit kini dapat bernafas lega. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul telah merealisasikan pembangunan dan rehabilitasi 12 rumah yang terdampak tanah longsor tahun lalu.


Baca Juga : Kalahkan 4 Kandidat, Nada Kurnia Sandi Lolos Dalam Ujian Pamong Kalurahan Siraman


Sebanyak 6 rumah yang awalnya berada di lokasi rawan longsor, saat ini telah di relokasi ke daerah yang lebih aman.

“Bapak ibu yang kemarin tinggal di daerah rawan longsor sekarang sudah aman, silahkan ditempati dan dimanfaatkan dengan baik.” Ucap Sunaryanta saat meresmikan pembangunan dan rehabilitasi rumah, Kamis (14/12/2023).

Relokasi tersebut dilakukan, sebab lokasi tanah sebelumnya tidak memungkinkan untuk dibangun kembali, karena lokasinya telah hancur di terpa tanah longsor 19 November 2022 lalu.

Sehingga pembangunan rumah baru ini diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi penerima manfaat.

“Bantuan ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi penerima agar dapat hidup tentram, untuk melanjutkan sekaligus meningkatkan kesejahteraan bersama dimasa yang akan datang.” Tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Irawan Jatmiko mengatakan ada 12 rumah yang dibangun berdasarkan nama dan alamat atau by name by address (BNBA).

“Sebanyak 6 BNBA untuk bantuan pembangunan relokasi bencana atau bangunan serta 6 BNBA untuk bantuan rehap.” Ungkapnya.

Pihaknya juga mengatakan, untuk 6 BNBA bantuan rehap terdapat di 3 kapanewon diantaranya Ponjong, Gedangsari dan Semin dengan total anggaran sebesar Rp 480 juta.

“Untuk pembangunan baru setiap unit dianggarkan Rp. 50 juta untuk rehap Rp 30 juta.” Ucapnya.

Irawan juga menambahkan pembangunan rumah relokasi korban gempa ini juga mendapat bantuan dari Ikatan Keluarga Candirejo (IKC) serta sumber dana dari donatur hasil pengumpulaan saat bencana.

“Bantuan tanah diupayakan dari Kalurahan, pondasi dari IKC dan pembangunan dari Pemkab Gunungkidul.” Jelasnya.

Baca Juga : Kunjungi Lapas Perempuan, GOW Motivasi Warga Binaan Untuk Mengikuti Program Rehabilitasi


Terpisah, Lurah Kalurahan Candirejo, Agus Supriyadi mewakili masyarakat penerima bantuan mengucapkan terimakasih. Banyak sekali bantuan yang diberikan baik logistik maupun uang saat bencana terjadi.

“Terimakasih kepada pemerintah daerah, para perantau yang peduli semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik.” Imbuhnya.

 

Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Advertisementspot_img

BACA JUGA