Senin, September 27, 2021
spot_imgspot_img
Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Sejumlah Makanan yang Dapat Mencegah Dehidrasi

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

(Fakta9.com)___//Untuk menghindari dehidrasi, disaat udara panas seperti saat ini, saran paling umum adalah banyak mengonsumsi air putih. Selain air putih, cairan juga bisa didapat dari makanan yang kaya nutrisi. Berikut sejumlah makanan kaya air dan nutrisi yang tak hanya mampu meningkatkan stamina, namun juga tingkatkan imun tubuh di tengah banyaknya penyakit menular akibat cuaca panas, seperti flu hingga DBD.

Baca Juga: Santri Ponpes Al-ITisam Mengalami Keracunan Setelah Berbuka Puasa

1. Semangka

Semangka merupakan salah satu alternatif terbaik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi berkat kandungan cairannya yang mencapai 96 persen. Mengutip Times of India, buah dengan daging berwarna merah ini sarat akan serat dan nutrisi penting lainnya seperti vitamin C, vitamin A, magnesium, dan potasium. Semangka juga dapat mengurangi risiko kanker dan stroke karena diperkaya oleh antioksidan likopen.

2. Bayam

Selain mengandung magnesium, vitamin, serta mineral penting lainnya, bayam juga memiliki kandungan air yang tinggi yaitu sebesar 92 persen. Sayuran berdaun hijau ini mampu menghidrasi tubuh, dan baik untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, serta tulang. Bagi Anda yang sedang diet, mengonsumsi bayam juga bisa sangat membantu turunkan berat badan karena bayam rendah kalori dan kaya akan serat.

3. Stroberi

Satu buah stroberi terdiri dari 91 persen air yang dapat membantu Anda mempertahankan asupan air harian. Tak hanya itu, stroberi juga kaya akan serat, vitamin, mineral dan dan antioksidan penangkal penyakit.

4. Blewah

Segelas blewah (177 gram) mengandung 90 persen air, menjadikan buah ini sangat baik dikonsumsi di cuaca yang panas. Selain itu, segelas blewah juga terdiri dari 2 gram serat serta diperkaya oleh vitamin A yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Mentimun

Selain kandungan airnya yang mencapai 95 persen, mentimun juga dapat melindungi tubuh dari dehidrasi dan panas berlebih karena sifat pendingin alami yang dimilikinya. Terdapat nutrisi baik lainnya yang tersimpan pada sayuran ini, seperti vitamin K, potasium, serta magnesium.

Buah mentimun. (Foto)

Baca Juga; Rumah Ludes Terbakar Kerugian Mencapai Ratusan Juta Rua

Dibandingkan dengan sayuran lainnya, mentimun juga merupakan salah satu sayuran yang rendah kalori. Dalam setiap setengah cangkirnya (52 gram) mentimun hanya mengandung 8 kalori.


Red. Fakta9.com

FAKTA TERBARU

JANGAN LEWATKAN