Jumat, Februari 23, 2024
spot_imgspot_img

FAKTA TERBARU

Petani Tembakau di Gunungkidul Dapatkan BLT DBH CHT Sebesar Rp 600 Ribu

Advertisementspot_imgspot_img
Advertisementspot_imgspot_img

Gunungkidul (Fakta9.com)_ _//Bupati Gunungkidul serahkan Bantuan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (BLT DBH CHT) dari Kube FM dan UEP PKH Graduasi. Penyerahan bantuan tersebut disampaikan langsung di Kalurahan Grogol, Kapanewon Paliyan, Selasa (28/11/2023).


Baca Juga : Ditinggal Petik Cabai, Sepeda Motor Digondol Maling


Kepala Dinas Sosial Asti Wijayanti menjelaskan, bantuan ini merupakan transfer daerah yang diberikan kepada Kabupaten penghasil cukai atau daerah penghasil tembakau, yang kemudian diberikan kepada petani tembakau serta buruh tembakau.

“Lokasi Kegiatan Bantuan Langsung Tunai Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (BLT DBH CHT) adalah bantuan yang diberikan kepada Petani Tembakau atau Buruh Tani Tembakau di 8 (delapan) Kapanewon di Kabupaten.” Kata Asti.

Asti menyampaikan untuk mendapatkan bantuan DBH CHT ini harus memenuhi beberapa syarat yaitu salah satunya berprofesi sebagai petani atau buruh tembakau.

“Pendampingan DBHCHT ini sudah dimulai dari bulan Juli dan berakhir di bulan Desember tahun 2023.” Jelasnya.

Ia menjelaskan Bantuan Langsung Tunai Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (BLT DBH CHT) sebesar Ro.616.200.000.- yang diberikan kepada 1.027 Petani Tembakau atau Buruh Tani Tembakau.

“Masing – masing KPM mendapat bantuan sosial Rp 600 ribu berupa Buku Tabungan BDG Gunungkidul, juga 4 Kelompok KUBE FM Penumbuhan dengan bantuan Rp 80 juta masing – masing KUBE mendapat bantuan Rp 20 juta.” Paparnya.

Baca Juga : Resepsi HUT PGRI ke 78 dan HGN, Bupati Berharap Kesejahteraan Guru di Gunungkidul Meningkat


Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan bahwa bantuan dan stimulan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin agar kedepan bisa menghasilkan stimulan lagi dan dimusim kemarau ini semoga dapat terus bertahan.

“Semoga dana bagi hasil yang bapak ibu terima semoga dapat bermanfaat.” Tegasnya.

Dengan hasil panen tembakau mencapai 400 ton dalam satu tahun, Bupati mengatakan ini merupakan potensi yang cukup bagus karena menjadi salah satu penggerak ekonomi daerah.


 

Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Advertisementspot_img

BACA JUGA