Minggu, Juni 23, 2024
spot_imgspot_img

FAKTA TERBARU

Petai Baik Bagi Kesehatan, Berikut Adalah Manfaatnya

Advertisementspot_imgspot_img
Advertisementspot_imgspot_img

NASIONAL (Fakta9.com)_ _// Petai adalah jenis biji-bijian yang sering dihidangkan bersanding dengan sambal dalam hidangan Nusantara. Mau dimakan metah maupun sudah dimasak dalam berbagai olahan pun rasanya sangat lezat.

Namun jangan heran, bila mengkonsumsi terlalu berlebihan maka dapat menimbulkan penyakit asam urat, tetapi harus diketahui juga Petai banyak manfaatnya bagi kesehatan bila dikonsumsi tidak berlebihan.


Baca Juga : Hubungan Seks Dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh


Dilasir dari Halodoc.com, berikut manfaatnya;

Baik untuk Ginjal

Menurut studi yang dipublikasikan di Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, petai merupakan tanaman yang tinggi kandungan antioksidan, terutama quercetin dan fenolik. Keduanya diyakini memiliki sifat antihipertensi, analgesik, antimikroba, dan antiperadangan, sehingga diklaim mampu mengatasi gangguan ginjal akibat infeksi.

Selain itu, biji-bijian ini juga mengandung antioksidan flavonoid dan asam tiazolidin-4-karboksilat. Keduanya berfungsi membantu melawan radikal bebas yang mampu melemahkan fungsi ginjal dan beberapa penyakit kronis, seperti diabetes dan kanker. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat biji-bijian ini bagi ginjal.

Memberi Efek Menenangkan

Kandungan triptofan (sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin) dan vitamin B dalam biji-bijian ini dapat membuat seseorang merasa rileks dan suasana hati meningkat.


Baca Juga : Curiga Pasanganmu Berselingkuh??? Berikut Tanda-Tandanya.


Mengatasi Anemia

Petai mengandung zat besi, mineral yang berperan penting dalam produksi sel darah merah dalam tubuh. Nutrisi inilah yang membuat biji-bijian hijau ini dapat membantu mengatasi anemia. Namun, bukan berarti anemia bisa sembuh dengan makan biji-bijian ini banyak-banyak, lho.

Mengurangi Risiko Stroke dan Penyakit Jantung

Jika dikonsumsi secara rutin, biji-bijian ini juga dipercaya dapat mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung, karena kandungan kaliumnya mampu mengontrol tekanan darah.

Meredakan Mual

Petai memiliki efek antasida alami di dalam tubuh, dapat memberikan efek lega dan meredakan mual.

Menyehatkan Mata

Meski mungkin tidak kamu sangka, petai membantu memelihara kesehatan mata. Hal ini karena biji-bijian ini mengandung vitamin A yang cukup tinggi.


Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Advertisementspot_img

BACA JUGA