Senin, Agustus 15, 2022
spot_imgspot_img
Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Penyakit Cacar Monyet Dapat Sembuh Sendiri, Ini Penjelasannya

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

GUNUNGKIDUL, (Fakta9.com)__//Cacar monyet merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus monkeypox. Penyakit jenis ini pertama kali muncul di negara Republik Demokratik Kongo pada tahun 1970.

dr. Eko Darmawan, Sp.PD, M.Sc.,menjelaskan cacar monyet menyebar antar manusia melalui percikan liur yang masuk melalui mata, mulut, hidung, atau luka di kulit.


Baca Juga :Tidak Semua Lahan Dapat Didirikan Bangunan, Ini Penjelasannya


“Penularannya juga bisa terjadi melalui benda yang terkontaminasi virus, seperti pakaian penderita. Namun, penularan antar manusia membutuhkan kontak yang lama.” jelasnya.

Gejala cacar monyet akan mulai dirasakan dalam waktu sekitar 5 sampai 21 hari sejak penderita terinfeksi virus monkeypox.

Orang yang telah terinfeksi virus monkeypox awalnya akan memiliki gejala seperti cacar air, yaitu bintil berair. Namun lama kelamaan bintil berair akan berubah menjadi bernanah.

“Ruam yang muncul akan berkembang dari bintil berisi cairan hingga berisi nanah, lalu pecah dan berkerak, kemudian menyebabkan borok di permukaan kulit.” terang ahli penyakit dalam RSU PKU Muhammadiyah Wonosari tersebut.

Setelah itu, umumnya akan muncul benjolan di leher, ketiak atau selangkangan akibat pembengkakan kelenjar getah bening.

Lebih lanjut disampaikan oleh dokter yang juga sebagai Direktur RSUD Saptosari tersebut jika penderita penyakit cacar monyet juga akan mengalami gejala klinis seperti demam, letih atau lemas, menggigil, sakit kepala dan nyeri otot.

Selain itu, penderita juga mungkin akan mengalami komplikasi medis lainnya.


Baca juga : Rencana Penebangan Beringin Kurung di Depan Alun-alun Wonosari, Aris Suryanto: Masih Menunggu Final DED


Meski demikian, Eko Darmawan menjelaskan jika dalam jangka waktu antara 2 hingga 4 minggu setelah gejala muncul, penyakit ini umumnya akan sembuh dengan sendirinya.

“Cacar air merupakan penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya.” Pungkasnya.

 

spot_img
spot_img

FAKTA TERBARU

JANGAN LEWATKAN