Selasa, Juni 22, 2021
spot_imgspot_img
Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Lapangan Kerja Bagi Disabilitas Minim, FPHPD Audiesi Dengan Bupati Gunungkidul

spot_img
spot_img
spot_img

WONOSARI, (Fakta9.com)__//Bupati Gunungkidul, H. Sunaryanta, di ruang kerjanya menerima kunjungan Forum Penguatan Hak Penyandang Disabilitas (FPHPD) DIY, pada Kamis (10/06/2021).

Dalam audiensi tersebut, Ketua FPHPD DIY, Arni Suwarni kepada Bupati menjelaskan bahwa forum ini fokus pada permasalahan pemenuhan dan capaian pada sektor tenaga kerja, pendidikan, akses disabilitas dan upaya pengurangan angka kemiskinan yang menjadi bagian dari tujuan pembangunan berkelanjutan.

Baca Juga: Gusti Kanjeng Bendoro Sosialisasikan Program Gerakan Wisata Sehat

Minimnya lapangan pekerjaan bagi para disabilitas mendorong pihaknya membentuk unit layanan tenaga kerja disabilitas di setiap daerah. Dengan harapan tidak ada satupun masyarakat yang tertinggal dalam proses pembangunan.

“Sektor tenaga kerja masih butuh perhatian karena lowongan pekerjaan bagi penyandang disabilitas masih sangat minim,” kata Koordinator Forum Penguatan Hak-Hak Penyandang Disabilitas (FPHPD) DIY, Arni Suwarni saat audiensi.

Ia berharap ke depan ada sistem informasi data disabilitas. Mulai dari kuantitas, kualitas, kompetensi dan potensi ketenagakerjaan disabilitas. Menurutnya hal itu penting untuk menghubungkan disabilitas dengan pemberi kerja.

Baca Juga: Pemda Bersama DPRD Gununhmgkidul Sosialisasikan Perda di Kapanewon Karangmojo

Bupati Gunungkidul saat audiensi dengan FPHPD di ruang kerjanya.(foto)

Terkait dengan hal tersebut, Bupati Gunungkidul sangat mengapresiasi program dari FPHPD. Sunaryanto mengatakan, Pemkab Gunungkidul berkomitmen mengakomodir pemenuhan hak-hak disabilitas. Masukan dalam audiensi ini akan menjadi bahan pertimbangan dalam perencanaan RPJMD yang akan datang.

“Tentu semua akan diakomodir, tapi semua membutuhkan tahapan-tahapan, terlebih pandemi yang hingga saat ini masih mewabah. Yang terpenting semuanya harus optimis serta semangat. Kita berjuang bersama untuk kemakmuran masyarakat.” terang Sunaryanto

Reporter: Danar Restaka

FAKTA TERBARU

JANGAN LEWATKAN