Rabu, Juni 23, 2021
spot_imgspot_img
Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Berupaya Meminimalisir Terjadinya Kecelakaan, Relawan Gunugkidul Melaksanakan Giat Pengkondisian Lumpur Yang Menggenangi Bahu Jalan Aspal

spot_img
spot_img
spot_img

Tanjungsari, (fakta9.com)__Sejumlah relawan Gunungkidul melaksanakan giat pengkondisian lumpur yang menggenang di beberapa titik di sepanjang Jl. Wonosari-Tepus, tepatnya hutan Mojojerit, Kalurahan Hargosari, Kapanewon Tanjungsari pada Jum’at malam (30/10/2020).

Baca Juga: Komunitas Ojek Online Deklarasikan Dukungan Bambang Wisnu H РBenyamin Sudarmadi

Salah satu relawan, Ahmad ‘Neo’ saat dikonfirmasi pada Sabtu, (31/10/2020) mengatakan, longsoran tanah yang menggenangi badan jalan tersebut disebabkan hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah Gunungkidul beberapa hari terakhir ini.

Relawan Gunungkidul di lokasi jalan yang tertutup genangan lumpur. (Foto.doc.SR)

“karena parit di pinggiran jalan sudah tertutup oleh sampah dan tanah, sehingga genangan air yang membawa tanah tersebut memenuhi bahu jalan,” ungkapnya

Ditambahkan oleh Amat bahwa genangan lumpur di aspal membuat jalan menjadi licin. Sehingga, sebelumnya beberapa pengendara Kendaraan bermotor mengalami kecelakaan saat melintas di lokasi tersebut.

“Karena sudah banyak pengendara yang kecelakaan maka di putuskan untuk segera di respons” Jelas Ahmad.

Dalam giat tersebut, relawan juga melakukan penggalian saluran air yang tersumbat oleh sampah.

Baca Juga: Lahan pertanian Tergenang Lumpur dari Proyek JJLS, Warga Rongkop Khawatirkan Gagal Panen Tahun Ini

Mobil Damkar, tanki dati Tagana, dan tanki dari Kapanewon Tanjungsari juga ikut dikerahkan untuk membantu menyemprot jalan aspal yang berubah warna menjadi coklat karena tertutup oleh genangan lumpur.

Tanpa mempedulikan waktu, di tengah rintiknya hujan, para relawan tetap tersenyum dan ikhlas untuk menyelesaikan giat kemanusiaan hingga dini hari.

Relawan Gunungkidul melaksanakan giat pengkondisian Lumpur yang menggenangi jalan aspal. (Foto. Doc. SR)

“Kami hanya berupaya membantu, meminimalisir terjadinya kecelakaan yang disebabkan oleh genangan lumpur di musim penghujan ini.” Pungkasnya.

Para relawan berpesan bahwa, dalam memasuki musim penghujan kali ini diharapkan masyarakat bisa lebih berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan terhadap dampak yang dapat ditimbulkan kondisi cuaca ekstrem. Seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

(cdx_fakta9)

FAKTA TERBARU

JANGAN LEWATKAN