Jumat, Oktober 18, 2024
spot_imgspot_img
Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Hari Kedua Penerapan PSTKM,Terjadi Lonjakan 42 Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19

Advertisementspot_img

Wonosari,(fakta9.com)__Memasuki hari kedua masa pemberlakuan kebijakan Pembatasan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PSTKM),jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul terjadi peningkatan 42 kasus pada Selasa (12/01/2021) pukul 12.00 WIB

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, dr.Dewi Irawati, M.Kes mengungkapkan 42 orang yang dinyatakan terkonfirmasi positif dari Kapanewon Semanu terdapat penambahan 7 Kasus yaitu, Laki-laki, (30)  riwayat pelaku perjalanan, Anak laki-laki (6) riwayat pelaku perjalanan,Laki-laki (24) riwayat pelaku perjalanan, Laki-laki (63) riwayat dalam pelacakan petugas puskesmas,Wanita (29) riwayat dalam pelacakan petugas puskesmas, LAki-laki (50) riwayat dalam pelacakan petugas puskesmas dan Wanita (35) riwayat kontak dengan konfirmasi positif.

“Penambahan kasus konfirmasi positif terbanyak terjadi di Kapanewon Semanu.” terangnya.

Kemudian dari Kapanewon Nglipar sebanyak 3 kasus yaitu, Laki-laki (70) riwayat kontak dengan konfirmasi positif, Wanita (64) riwayat kontak dengan konfirmasi positif,dan Laki-laki ( 80) riwayat kontak dengan konfirmasi positif.

Selanjutnya di Kapanewon Ponjong ada penambahan 5 kasus yaitu,Laki-laki (56) riwayat kontak dengan konfirmasi positif,Wanita (28) riwayat kontak dengan konfirmasi positif, Wanita ( 51) riwayat kontak dengan konfirmasi positif, Wanita (61) riwayat kontak dengan konfirmasi positif, dan Wanita (22) riwayat kontak dengan konfirmasi positif

Lalu di Kapanewon Panggang ada penambahan 6 kasus yaitu, Wanita (62) riwayat kontak dengan konfirmasi positif, Laki-laki (66) riwayat kontak dengan konfirmasi positif, Anak perempuan (6) riwayat kontak dengan konfirmasi positif,Wanita (36) riwayat kontak dengan konfirmasi positif, Laki-laki (45) riwayat kontak dengan konfirmasi positif,dan Laki-laki (28) riwayat kontak dengan konfirmasi positif.

Kemudian Kapanewon Playen ada penambahan 5 kasus yaitu, Wanita (58) riwayat kontak dengan konfirmasi positif, Laki-laki (67) riwayat dalam pelacakan petugas puskesmas, Wanita (44) riwayat dalam pelacakan petugas puskesmas, Wanita (44) riwayat dalam pelacakan petugas puskesmas, dan Laki-laki (50) riwayat dalam pelacakan petugas puskesmas.

BACA JUGA : Sujari Resmi Dilantik Menjadi Jagabaya Kelurahan Banaran.

Selanjutnya dikapanewon Karangmojo ada penambahan 3 kasus yaitu, Wanita (49) riwayat kontak dengan konfirmasi positif, Wanita (23)  riwayat kontak dengan konfirmasi positif,dan Wanita (56) riwayat kontak dengan konfirmasi positif.

Kemudian Kapanewon Saptosari ada penambahan 4 kasus yaitu, Laki-laki (40) riwayat dalam pelacakan petugas puskesmas, Wanita (25) riwayat dalam pelacakan petugas puskesmas, Wanita (60) riwayat kontak dengan konfirmasi positif dan Laki-laki (28)  riwayat dalam pelacakan petugas puskesmas.

Dan dari Kapanewon Paliyan ada penambahan 2 kasus yaitu, Wanita (48) riwayat dalam pelacakan petugas puskesmas dan Wanita (48)  riwayat dalam pelacakan petugas puskesmas, kemudian Kapanewon Rongkop ada 2 Kasus yaitu, Wanita (71)  riwayat dalam pelacakan petugas puskesmas
serta Laki-laki (65) riwayat dalam pelacakan petugas puskesmas.

Untuk 2 penambahan kasus di Kapanewon Gedangsari yaitu, Laki-laki (53) riwayat pelaku perjalanan serta Laki-laki (56) riwayat dalam pelacakan petugas puskesmas, kemudian Wanita (30) tahun dari Kapanewon Wonosari, riwayat kontak dengan konfirmasi positif dan Laki-laki (50)  riwayat kontak dengan konfirmasi positif.

“Dari sejumlah penambahan kasus tersebut, didominasi karena riwayat kontak dengan pasien positif sebelumnya.” ungkap Dewi Irawati.

Sedangkan untuk pasien konfirmasi positif yang  meninggal dunia juga bertambah 2 orang yaitu Laki-laki (77) dari Kapanewon Semin, riwayat dalam pelacakan petugas puskesmas,dan Laki-Laki (77) status sebelumnya konfirmasi positif dalam perawatan.

“Kami juga mencatat ada 19 orang pasien terkonfirmasi positif dinyatakan sembuh.” tambahnya.

Sehingga dengan demikian terdapat sejumlah 269 orang terkonfirmasi positif Covid-19 pada saat ini masih mendapatkan perawatan baik di sejumlah rumah sakit, maupun Isolasi mandiri di rumah masing-masing. Dan untuk jumlah pasien  terkonfirmasi positif Corona selama pandemi di Gunungkidul sebnyak 1.091 kasus.

“ Meski terdapat lonjakan orang terkonfirmasi kita Tidak usah panik dalam menyikapi. Yang terpenting tetap menerapkan protokol kesehatan dan berusaha melakukan antisipasi diri sendiri,” pungkas Dewi.

(Redaksi_fakta9)


Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Advertisementspot_img
Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

BACA JUGA