Jumat, Oktober 18, 2024
spot_imgspot_img
Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Mengenal Sunat Klamp, Khitan tanpa Sakit yang Cocok untuk Anak

Advertisementspot_img

Karangmojo, (fakta9.com)__Sunat atau khitan adalah tindakan memotong atau menghilangkan sebagian atau seluruh kulit penutup depan dari penis (preputium). Sebagian besar masyarakat menjadikan sunat sebagai tradisi budaya, keyakinan agama, kebersihan pribadi, atau untuk mencegah berbagai penyakit.

BACA JUGA :Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Dengan Bahan Alami

Perkembangan teknologi kedokteran kini memungkinkan anak laki-laki untuk disunat dengan berbagai metode yang meminimalisir rasa sakit maupun terjadinya infeksi.

Alat yang digunakan dalam sunat dengan metode klam.(foto)

Salah satunya adalah dengan metode klamp yang dipraktikkan oleh Rumah Khitan Dhama, Jl. MT.Pontjodiryo, Padukuhan Grogol 1, Kalurahan Bejiharjo, Kapanewon Karangmojo.

Dijelaskan oleh penanggung jawab Rumah Khitan Dhama, dr. Masnan bahwa sunat dengan metode klem ini memiliki banyak banyak kelebihan dibandingkan metode sunat yang lain.

Anak tidak merasakan sakit ketika disunat, bahkan bisa langsung memakai celana dan beraktivitas seperti biasa usai disunat,” terangnya.

Hal ini dikarenakan di Rumah Khitan Dhama proses khitan dilakukan oleh tenaga profesional yang sudah terlatih dengan menggunakan anastesi/ pembiusan yang tidak memakai jarum akan tetapi menggunakan Anastesi Jet (alat suntik modern tanpa jarum), proses sunatnya pun sangat cepat yakni hanya sekitar 7-10 menit.Selain itu, luka tidak memerlukan jahitan maupun perban karena perdarahan yang terjadi sangat minim.

Ditambahkan oleh Ketua Asosiasi Klinik (Asklin) Kabupaten Gunungkidul tersebut bahwa prinsip sunat klamp ini adalah dengan memasang tabung plastik khusus yang memiliki ukuran bervariasi sesuai dengan ukuran penis,menjepit kulit penis (kulup) menggunakan alat sekali pakai, kemudian kulup tersebut dipotong.

“Luka sunat dengan metode ini juga boleh langsung terkena air.” Jelasnya.

Alat suntik modern untuk memberikan anastesi/ bius tanpa menggunakan jarum.(foto)

Sehingga dengan adanya metode sunat klam ini diharapkan akan menjadi solusi terbaik untuk mengatasi kekhawatiran orang tua yang tidak ingin melihat buah hatinya merasakan sakit ketika proses dan pasca melakukan sunat.

BACA JUGA :Waspada Penyebaran Varian Baru Covid-19, Masyarakat Dihimbau Tetap Melaksanakan Protokol Kesehatan.

“Bagi orang tua yang ingin tahu lebih jelas bagaimana prosedur sunat dengan metode klam bisa langsung berkonsultasi ke Rumah Khitan Dhama.” Pungkasnya.

(Redaksi_fakta9)

 

Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Advertisementspot_img
Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

BACA JUGA