Selasa, Juli 23, 2024
spot_imgspot_img

FAKTA TERBARU

Suhadi Akan Gelar Tasyakuran Jika Pacarejo Lolos Sebagai Kalurahan Mandiri Budaya

Advertisementspot_imgspot_img
Advertisementspot_imgspot_img

GUNUNGKIDUL, DIY (FAKTA9.COM)_ _// Pemerintah Kalurahan Pacarejo, Kapanewon Semanu, kedatangan tim Akreditasi Dinas Kundho Kabudayan Kabupeten Gunungkidul, Jum’ at (14/06/2024) siang.

Kedatangan tim ialah untuk mengecek dan menilai tata kelola pemerintahan serta potensi adat budaya tradisional yang ada.


Baca Juga : Pemerintah Kabupaten Gunungkidul Menyerahkan Bantuan Sapi Dalam Menyambut Hari Raya Idul Adha 2024


Dikatakan oleh Lurah Kalurahan Pacarejo, Suhadi bahwa dalam kesempatan ini pihaknya menampilkan semua potensi seni dan budaya, adat tradisional serta potensi UMKM.

“Kita juga menyertakan dokumen – dokumen keuangan Kalurahan, artinya komitmen Kalurahan untuk pertumbuhan budaya bisa dilihat dari anggaran yang dipasang. Kami juga akan petakan wilayah – wilayah UMKM yang sangat potensial di Kalurahan Pacarejo.” Paparnya.

Dengan apa yang ditampilkan dalam agenda akreditasi Kalurahan Rintisan Budaya ini, Suhadi sangat optimis Kalurahan yang dipimpinnya naik menjadi Kalurahan Rintisan Budaya, Kalurahan Budaya, dan Kalurahan Mandiri Budaya.

“Jika impian dan cita – cita terwujud, maka kami akan melaksanakan syukuran. Saya ucapkan terima kasih juga kepada semua pihak yang telah membantu atas kelancaran acara ini.” Ungkapnya.

Sementara itu, Panewu Kapanewon Semanu, Emannuel Krisno Juwoto yang hadir dalam kesempatan tersebut juga sangat yakin jika Kalurahan Pacarejo menjadi Kalurahan Rintisan Budaya pada tahun 2024 ini.

“Saat ini Kalurahan Pacarejo menjadi Kalurahan Kantong Budaya, dan saya yakin kedepannya akan menjadi Kalurahan Rintisan Budaya hingga Kalurahan Mandiri Budaya. Sehingga potensi – potensi adat tradisi di Kalurahan ini akan semakin lestari.” Ujarnya.

Baca Juga : 3 Pelajar Dari Jawa Timur Terseret Ombak Pantai Drini


Terpisah, Kepala Dinas Kundho Kabudayan Kabupaten Gunungkidul, Khoirul Agus Mantara menyampaikan jika di Kalurahan Pacarejo dalam menyongsong Kalurahan Rintisan Budaya sangat bagus persiapannya.

“Sebenarnya di Pacarejo mempunyai kesempatan di tahun kemarin, namun karena terjadi bencana maka kita undur saat ini. Karena persiapannya hampir 2 tahun, ya jadi bisa maksimal.” Ungkapnya.

Dirinya menyebut, bahwa dari 28 peserta Kalurahan akan diambil 20 Kalurahan yang akan masuk nominasi Kalurahan Rintisan Budaya.

“Setalah selesai akreditasi dan penilaian maka akan kita umumkan Kalurahan mana saja yang lolos menjadi Kalurahan Rintisan Budaya.” Imbuhnya.

 

Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

BACA JUGA