Kamis, Februari 29, 2024
spot_imgspot_img

FAKTA TERBARU

Pengisian Pamong Menuai Polemik, 10 Peserta Ujian Menuding Tim Penguji Tidak Netral

Advertisementspot_imgspot_img
Advertisementspot_imgspot_img

PALIYAN, (FAKTA9.COM)__//Ujian seleksi pengisian sejumlah pamong di kalurahan Karangasem, Kapanewon Paliyan, Gunungkidul menuai polemik.

Sebanyak 9 peserta ujian yang gagal dan 1 peserta yang dinyatakan lolos seleksi menuding tim penguji tidak bersikap netral.


Baca juga : Rekrutmen Anggota Polri, Kapolda DIY ” Tindak Tegas Bila Ada Yang Minta Uang”


Salah satu peserta ujian Yusuf Bahtiyar mengungkapkan jika sebanyak 16 orang peserta pada 10 Desember 2022 lalu mengikuti ujian seleksi pengisian Tata Laksana, Dukuh Mengger, dan Staff Pamong.

Awalnya proses ujian tertulis tak ada masalah. Namun diakhir proses pelaksanaan ujian praktik komputer, kejanggalan mulai terlihat.

“Setelah semua peserta selesai mengerjakan soal ujian praktik yang diberikan, ketika akan mencetak hasil ujian, printer yang digunakan mengalami kerusakan.” Jelasnya, Selasa (13/12/2022).

Kemudian tim penguji memutuskan untuk mencetak hasil ujian para peserta menggunakan komputer dan printer milik panitia.

“Tim penguji memindahkan file jawaban peserta menggunakan flasdisk ke komputer panitia. Dan proses pencetakan hasil ujiannya juga dilakukan oleh tim penguji.” terangnya saat ditemui di rumahnya.

Padahal menurut Yusuf, jenis windows komputer yang digunakan peserta dengan komputer milik panitia itu berbeda. Sehingga ketika hasil ujian yang dicopy dan disalin di komputer panitia maka format penulisannya akan menjadi berantakan.

“Windows komputer yang digunakan untuk mencetak hasil ujian dengan komputer yang digunakan peserta itu berbeda. Jika di salin maka format hasil ujian akan menjadi berantakan. Terlebih lagi, yang mencetak itu panitia. Jadi kita merasa dirugikan dan ada indikasi ketidak netralan dari tim penguji dalam proses ini.”
“Kami telah menggandeng kuasa hukum untuk menuntut dilakukan investigasi adanya indikasi kecurangan dalam proses pengisian perangkat kalurahan ini.” Tegas Yusuf Bahtiyar.

Terpisah Lurah Karangasem Sigit Purnomo saat di konfirmasi melalui sambungan telepon membenarkan adanya polimik tersebut.


Baca juga : Sri Suhartanto Dilantik Sebagai Sekda Gunungkidul, Bupati Minta Untuk Loyalitas


Menurutnya proses ujian seleksi pengisian perangkat kalurahan karangasem telah sesuai mekanisme.

“Untuk proses ujian menurut penilaian saya sudah sesuai mekanisme yang ada. Jika ada pihak yang meminta untuk melakukan investigasi, ya..itu bukan ranah kami. Investigasi itu ranah inspektorat dan aparat penagak hukum jika benar terjadi kecurangan.” terang Sigit Purnomo.

 

Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Advertisementspot_img

BACA JUGA