Selasa, Maret 5, 2024
spot_imgspot_img

FAKTA TERBARU

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul Persiapkan Pengamanan Perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Advertisementspot_imgspot_img
Advertisementspot_imgspot_img

Gunungkidul (Fakta9.com)_ _// Kabupaten Gunungkidul diprediksi akan menjadi salah satu pusat tujuan wisata di Yogyakarta saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Sejumlah persiapan telah dilakukan pemerintah daerah untuk memberikan kenyamanan kepada wisatawan.


Baca Juga : 258 Juta Diberikan ke Ustadz dan Ustadzah di Gunungkidul


Bupati Gunungkidul, Sunaryanta dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral, Kesiapan Pengamanan Natal dan Tahun Baru mengatakan bahwa diprediksi sebanyak 180 ribu wisatawan akan mengunjungi Gunungkidul pada libur nanti.

Melihat lonjakan wisatawan tersebut maka perlu koordinasi yang baik dengan stake holder lain.

“Wisata pantai masih menjadi favorit kunjungan wisatawan, sehingga perlu persiapan ekstra diantaranya terkait kemacetan, akses jalan yang sempit dan pengelola wisata.” Ucapnya, Senin (18/12/2023).

Menurutnya, ada beberapa spot jalan sempit sehingga perlu rekayasa jalur dengan harapan tidak krodit dan akan berpengaruh terhadap kenyamanan wisatawan.

“Kami meminta kepada pelaku wisata untuk menjadi pelayan yang baik sehingga tidak terjadi informasi atau pemberitaan yang negatif yang akan berdampak pada wisata Gunungkidul. Hal kecil apapun tolong diperhatikan, jangan sampai viral, berita negatif sampai dimana – mana. Jadilah pelayan wisatawan yang baik.” Paparnya. 

Sunaryanta juga meminta Polres Gunungkidul melakukan maping baik jalur, arus lalu lintas masuk dan keluar wisatawan, serta pemangatan jalur – jalur baru akses wisatawan ke Gunungkidul.

“Nanti harapnya bisa bekerjasama dengan karangtaruna, masyarakat desa dan pengelola wisata.” Tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Gunungkidul, AKBP Edy Bagus Sumantri dalam sambutanya mengatakan jika pihaknya butuh kesiapan ektra untuk mengadapi Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 karena bertepatan juga dengan tahun politik pemilihan presiden dan legislatif.

“Sangat perlu dilakukan koordinasi yang baik antar intsansi dan elemen masyrakat.” Ucapnya.

Edy Bagus Sumantri juga mengatakan, Gunungkidul menjadi salah satu tujuan terbesar perjalanan yang setiap tahunya mengalami lonjakan mobilitas penduduknya.

“Sangat perlu kesiapan publik untuk memberikan rasa nyaman. Tidak hanya wisata, Gunungkidul juga menjadi tujuan kuliner dan budaya.” Ungkapnya.

Baca Juga : Lakukan Pendampingan, Lasarus Arintoko Optimis Kesejahteraan Petani dan Komoditas Pertanian Akan Meningkat


Dalam kesempatan itu, Kapolres Gunungkidul menyampaikan jika pihaknya akan menurunkan 238 personil dalam pengamanan Natal dan Tahun baru. Polres juga menyiapkan 5 pos pengamanan di lima lokasi diantaranya obyek vital dan destinasi wisata

“Lonjakan terbanyak perjalanan masuk Gunungkidul kita prediksi mulai 29 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.” Jelasnya.

AKBP Edy Bagus Sumantri juga memaparkan jumlah kejadian pada malam tahun baru 2023 yaitu terdapat 2 kejadian yang mencolok dan 27 laka lantas. Dengan data tersebut maka perlu dirumuskan pengamanan untuk tahun ini.

“Kita antisipasi kejadian dan peristiwa laka lantas.” Imbuhnya.

Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Advertisementspot_img

BACA JUGA