Minggu, Juni 23, 2024
spot_imgspot_img

FAKTA TERBARU

Harlah Ke-94, Kalurahan Patuk Rencanakan Kembangkan Agrowisata

Advertisementspot_imgspot_img
Advertisementspot_imgspot_img

GUNUNGKIDUL, DIY (FAKTA9.COM)_ _// Pemerintah Kalurahan Patuk, Gunungkidul menyelenggarakan Kirab budaya dalam rangka bersih desa dan hari jadi Kalurahan Patuk ke 94, Minggu (19/5/2024).

Lurah Patuk, Catur Bowo mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 24 Rukun Tetangga (RT) dari 4 padukuhan yang ada. Setiap RT wajib membawa gunungan yang diarak dari balai Kalurahan lama ke Kalurahan baru.

“Antusias masyarakat sangat tinggi tercatat ada kurang lebih 2000 warga yang mengikuti kegiatan ini, bahkan warga rela swadaya untuk pendanaan.” Ucapnya.

Dihadapan Bupati Gunungkidul, Catur memaparkan beberapa program kerja Kalurahan Patuk diantaranya masalah ketahanan pangan dengan pembangunan agrowisata buah. Kebun buah ini akan dikonsep menjadi wisata petik sendiri yang dipadukan dengan atraksi kebudayaan.


Baca juga : Setelah 2 Hari Hilang Kontak, Kapal Gama Putra 01 Ditemukan Terombang-ambing Ditengah Samudra


“Di Patuk banyak tempat wisata, tapi belum ada yang dikelola oleh desa. Harapan kami ini menjadi satu satunya. Setelah wisatawan mengunjungi desinasi wisata di Patuk mereka akan mampir diwisata petik buah disini.” Paparnya.

Agrowisata itu kata Catur, berada di kawasan Watu Kandang, pengelolaan diserahkan kepada Pokdarwis setempat. Menurutnya penanaman benih sudah dilakukan sejak Tahun 2022 sebanyak 700 bibit yeng terdiri dari mangga dan durian. Tahun 2023 sebanyak 100 bibit durian dan Tahun 2024 telah ditanam 1002 bibit durian.

“Sekitar 4 tahun lagi benih – benih ini sudah mulai berbuah dan dapat dimulai dengan wisata petik.” Imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta dalam sambutanya mengapresiasi gelar budaya yang digelar Kalurahan Patuk. Guyup rukun terlihat dari tingginya antusias warga yang hadir. Bupati berharap kegiatan ini dapat kembali digelar tahun depan serta terus dilestarikan.

“Butuh biaya yang besar namun kesadaran masyarakat memang sangat tinggi. Mudah mudahan gotong royong yang baik ini berdampak bagi masyarakat.” Terangnya.

Dalam kesempatan ini juga digelar peresmian jalan usaha tani yang menjadi salah satu jalan penghubung ke objek agrowisata. Bupati juga melakukan penanaman benih durian di kawasan kebun buah tersebut.


 

Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Advertisementspot_img

BACA JUGA