Selasa, Maret 5, 2024
spot_imgspot_img

FAKTA TERBARU

Hari Disabilitas Internasional, Perjuangkan Hak Dan Kesejahteraan Penyandang Disabilitas

Advertisementspot_imgspot_img
Advertisementspot_imgspot_img

Gunungkidul (Fakta9.com)_ _// Dalam rangka memperingati hari Disabilitas Internasional, Pusat Pemberdayaan Disabilitas Mitra Sejahtera (PPDMS) Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan rangkaian acara di Terminal Tipe A Dhaksinarga Selang, Wonosari, Gunungkidul, pada hari Minggu (03/12/2023) kemarin.

Hari Penyandang disabilitas Internasional diperingati setiap 3 Desember, yang di tetapkan oleh PBB pada tahun 1992 bertujuan untuk memperjuangkan hak dan kesejahteraan para penyandang disabilitas.


Baca Juga : Pencopotan Bendera PDI Perjuangan Oleh Sejumlah Pemuda Merupakan Upaya Provokasi


Sedangkan di Indonesia, komitmen pelaksanaan penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas terwujud dengan lahirnya UU 8/2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Hari Disabilitas Internasional ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan masalah yang dihadapi penyandang disabilitas. Mulai dari aspek kehidupan baik politik, sosial, ekonomi, dan budaya.

Ketua Pusat Pemberdayaan Disabilitas Mitra Sejahtera (PPDMS) Kabupaten Gunungkidul, Hardiyo menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi penyandang disabilitas dalam masyarakat dan mengakhiri diskriminasi, serta menciptakan kesempatan yang sama untuk mereka, karena dulu mereka tidak mendapat pengakuan secara nasional dan internasional.

“Pada setiap tanggal 3 Desember oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) di tetapkan sebagai Hari Disabilitas Internasional.” Jelasnya.

Hardiyo juga menambahkan berdirinya PPDMS Gunungkidul pada tahun 2012 berawal dari organisasi difabel kecamatan Nglipar dengan beranggotakan 25 orang dan seiring berjalannya waktu sekarang sudah mencapai 450 orang dari Kalurahan dan Kapanewon se-Gunugkidul.


Baca Juga : Makam Jasad Bayi Misterius Dibongkar Hewan Liar


Kegiatan tersebut  juga dalam rangka hari disabilitas Tangguh Bencana sehingga kami mengadakan kegiatan Sosialisasi disabilitas ke SD Banyu Bening dan bersih – bersih belik atau sumber di kali Grogol, Bejiharjo, Karangmojo.

“Alhamdulillah acara hari ini nampak meriah sekali, karena juga di isi oleh SLB Putra Sejalan Nglipar, dan sebelum acara puncak terlebih dulu kami konvoi yang di ikuti oleh 200 anggota.” Imbuhnya.

Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Advertisementspot_img

BACA JUGA