Sabtu, Juli 13, 2024
spot_imgspot_img

FAKTA TERBARU

Berstatus Kantong Budaya, Kalurahan Tepus Siap Naik Satu Tingkat Lagi

Advertisementspot_imgspot_img
Advertisementspot_imgspot_img

Tepus (Fakta9.com)_ _// Kalurahan Tepus yang saat ini berstatus Kantong Budaya kedatangan Tim Akreditas Rintisan Kalurahan Budaya Kabupaten Gunungkidul, pada hari Kamis (04/05/2023) kemarin.

Kedatangan tim tersebut bertujuan untuk melakukan penilaian lomba rintisan Kalurahan Budaya. Dimana diketahui berdasarkan hasil dari penilaian dari pengiriman Portofolio dan Profil Kalurahan Kantong Budaya yang telah dilaksanakan pada bulan lalu, Kalurahan Tepus lolos 15 besar, dan akan di saring menjadi 10 besar.


Baca Juga : Puluhan Keluarga di Kalurahan Tepus Masih Mempertahankan Rumah Adat Joglo Berusia Ratusan Tahun


Disampaikan oleh Kepala Dinas Kundho Kabudayan Kabupaten Gunungkidul, Choirul Agus Mantara bahwa di Tahun 2023 ini pihaknya akan menaikan status dari beberapa Kalurahan yang ada di seluruh Kabupaten Gunungkidul menjadi Kalurahan Rintisan Budaya.

“Ada 99 Kalurahan yang berstatus Kantong Budaya, maka di tahun 2023 ini mau kami naikkan menjadi Kalurahan rintisan Budaya, kemarin sudah terseleksi ada 15 Kalurahan yang sudah lolos Portofolio.” Jelasnya.

Ia menyebut dari 15 Kalurahan yang sudah lolos Portofolio nantinya akan diseleksi kembali menjadi 10 besar dan naik sebagai Kalurahan Rintisan Budaya.

Menanggapi apa yang ada di Kalurahan Tepus, Agus Mantara mengatakan Kalurahan Tepus sudah mengekspresikan banyak potensi diantaranya kerajinan perak, peninggalan benda bersejarah (memiliki 600 Tosan Aji) yang memiliki makna senjata zaman dahulu yang terbuat dari besi, logam, atau baja serta memiliki nilai dan tuah.

“Semoga dengan adanya lomba Kalurahan Rintisan Budaya ini dapat memotifasi Kalurahan – Kalurahan lainya yang masih berstatus Kantong Budaya untuk menaikan levelnya, karena suatu kebanggan sendiri bagi Pemkal maupun masyarakat jika naik tingkat menjadi Kalurahan Rintisan Budaya.” Paparnya.

Baca Juga : Lansia Ditemukan Menggantung di Kandang Kambing


Terpisah, Lurah Kalurahan Tepus, Hendro Pratopo menjelaskan bahwa Kalurahan Tepus memang sudah berstatus Desa Wisata, namun masih dalam status Kantong Budaya, dan untuk menuju Kalurahan Rintisan Budaya menurutnya memerlukan persiapan yang benar – benar matang.

“Kami sangat optimis dan yakin akan naik great menjadi status Kalurahan Rintisan Budaya, sehingga kami melakukan persiapan dengan maksimal, berupaya memberikan yang terbaik dan menjadi yang terbaik.” Ujarnya.

Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

BACA JUGA