Minggu, Juni 16, 2024
spot_imgspot_img

FAKTA TERBARU

Batik Kromojati Hasil Karya Masyarakat Bohol, Menggambarkan Pernikahan Abadi

Advertisementspot_imgspot_img
Advertisementspot_imgspot_img

Rongkop, (Fakta9.com)__/Kalurahan Bohol, Kapanewon Rongkop, Gunungkidul, merupakan sebuah wilayah yang memiliki potensi seni budaya yang cukup menarik.

Salah satu yang sedang dikembangkan saat ini adalah kerajinan batik tulis Kromojati.


Baca Juga : Berwisata Ke Pantai, Dua Remaja Kedapatan Membawa Sajam dan Miras


Salah satu tokoh masyarakat setempat, Pupung Isbudaya menyampaikan jika batik tulis Kromojati diusung dari adat yang ada diwilayah setempat, dimana ketika ada acara pernikahan, maka diwajibkan bagi mempelai untuk menanam pohon jati.

“Kromo dalam bahasa jawa adalah menikah atau berkeluarga, sedangkan jati adalah Langgeng, awet. Jadi kromojati ini adalah pernikahan yang abadi. Dari situ kita gagas kerajinan batik Kromojati ini.” Jelasnya.

Motif yang digunakan dalam ornamen batik ini, merupakan perpaduan antara bunga runtum serta daun jati.

Selama ini, produksi batik ini dikerjakan masih sesuai dengan pesanan. Namun diharapkan kedepan batik Kromojati ini dapat diterima masyarakat sehingga mampu menggeliatkan ekonomi warga setempat.


Baca Juga : Tabrak Pagar Rumah Warga, Dua Orang Remaja Meninggal Ditempat


Pupung juga berharap adanya perhatian dari pemerintah untuk memberikan pendampingan serta membantu memasarkan produk batik kromojati ini.

“Sementara kami pasarkan melalui media sosial. Harapanya ada pendampingan dari pemerintah, karena potensi ini merupakan identitas wilayah, dan akan dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan.” Pungkas Pupung.

 

Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Advertisementspot_img

BACA JUGA