Senin, Agustus 15, 2022
spot_imgspot_img
Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Banyak SD di Gunungkidul Kekurangan Murid, Taufik: Jumlah Lulusan TK Lebih Sedikit dari Daya Tampung Sekolah

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

GUNUNGKIDUL, (Fakta9.com)_ _// Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online pada tahun ajaran 2022/2023 pada jenjang pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD) banyak terdapat SD di wilayah Kabupaten Gunungkidul yang mengalami kekurangan murid bahkan ada yang sama sekali tidak mendapatkan murid.


Baca Juga : Diduga Mesum Dengan Suami Orang, Oknum Dokter Digrebeg dan Dilaporkan Polisi.


Disampaikan Taufiq Aminudin, Kepala Bidang Sekolah Dasar (Kabid SD) Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul bahwa terdapat total 452 SD Negeri serta Swasta yang melakukan PPDB secara Online dan 16 SD yang melakukan PPDB secara Offline, pada tahun ajaran 2022/2023.

“Total ada 7210 siswa yang dinyatakan masuk, namun tidak semua SD mampu memenuhi kuota yaitu minimal 20 siswa perkelas,” Terangnya(24/06/2022).

Dijelaskan lebih lanjut oleh Taufiq, jika dari sejumlah sekolah, ada 2 SD swasta yang sama sekali tidak mendapatkan murid, karena yayasan yang menaungi SD tersebut akan menutupnya dan ada 137 SD yang muridnya kurang dari 10, serta juga ada 124 SD yang mendapatkan murid diatas 10 tetapi kurang dari 20 siswa.

“Menurut data yang kami dapatkan, banyak SD yang kekurangan murid baru disebabkan lulusan TK di Gunungkidul tidak sebanding dengan daya tampung SD yang longgar.” Jelasnya.

Taufiq Aminudin mengimbuhkan bahwa Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul akan mengupayakan agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan secara optimal, dengan cara mewacanakan program regrouping atau penggabungan SD dengan ketentuan jika SD tersebut dari kelas 1 sampai 6 hanya memiliki murid kurang dari 60 siswa selama lebih kurang 3 Tahun berturut-turut.

“Mudah-mudahan dengan sistem tersebut, kebutuhan siswa di semua SD akan terpenuhi, namun semuanya membutuhkan sosialisasi kepada masyarakat dan tentunya kajian tekhnis lebih mendalam.” Pungkas Taufiq Aminudin.

Suryono_ Fakta9.com

spot_img
spot_img

FAKTA TERBARU

JANGAN LEWATKAN