Rabu, Juni 12, 2024
spot_imgspot_img

FAKTA TERBARU

Amankan Lebaran 1444 H, Operasi Ketupat Progo 2023 Digelar Selama 14 Hari

Advertisementspot_imgspot_img
Advertisementspot_imgspot_img

GUNUNGKIDUL, (Fakta9.com)__//Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Progo 2023 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah dilaksanakan di alun-alun Wonosari, Senin, (17/04/2023). Apel dipimpin Bupati Gunungkidul Sunaryanta.

Dalam kesempatan sambutan apel, Sunaryanta membacakan amanat Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023. Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergisitas Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1444 H.


Baca juga : Pemerintah Kabupaten Gunungkidul Telah Siap Hadapi Libur Lebaran


“Survei Indikator periode 5 sampai 10 Mei 2022, terdapat 73,8% masyarakat merasa puas atas kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2022. Penilaian positif tersebut harus menjadi pemacu semangat, sehingga pengamanan mudik tahun 2023 mampu dilaksanakan lebih baik.” jelasnya

Terlebih lagi Kementrian Perhubungan RI memperkirakan potensi pergerakan masyarakat akan mengalami peningkatan dari 85,5 juta orang pada tahun 2022, menjadi 123,8 juta orang pada tahun 2023 atau meningkat 44,8%.

“Oleh sebab itu, Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal, melalui Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat 2023” selama 14 (empat belas) hari sejak 18 April sampai 1 Mei 2023.” Tuturnya

Kegiatan apel gelar pasukan ini diikuti Kepolisian, TNI dari jajaran Kodim 0730/Gunungkidul juga didukung dari berbagai instansi seperti Dishub, Satpol PP, SetKom, Damkar, SAR, PMI, dan lain-lain.


Baca juga : Dukuh Mojing Dan Staff Kalurahan Botodayaan Resmi Dilantik


Sementara itu, di akhir kegiatan apel, Kapolres Gunungkidul, AKBP Edy Bagus Sumantri berpesan kepada seluruh personel yang terlibat dalam pelaksanaan operasi ketupat 2023 agar tetap menjaga kesehatan, melakukan deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang, melaksanakan pengamanan secara profesional dan humanis.

Selain itu, Kapolres juga mengimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik.

“Laksanakan mudik dengan mengutamakan keamanan, keselamatan dan tertib berlalu lintas.” tegasnya.

 

Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Advertisementspot_img

BACA JUGA