Minggu, Maret 3, 2024
spot_imgspot_img

FAKTA TERBARU

Untuk Mendorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat, Kalurahan Semanu Bangun Pusat Industri

Advertisementspot_imgspot_img
Advertisementspot_imgspot_img

SEMANU, (Fakta9.com)_ _//Setelah dinobatkan sebagai Desa Mandiri Budaya, Tahun 2023 ini Pemerintah Kalurahan Semanu mendapatkan gelontoran dana sebesar Rp 1 Miliar dari anggaran dana keistimewaan (Danais).


Baca Juga : SDN Mijahan I Diobok – Obok Maling


Rencananya anggaran tersebut akan dialokasikan untuk membangun kawasan wisata budaya, pusat industri Semanu serta ruang terbuka hijau.

“Nantinya pembangunan tersebut akan terpusat di wilayah Sambirejo.” Jelas Carik Semanu, Suhartanto saat acara peletakan batu pertama. 

Setelah rencana pembangunan terealisasi, menurut Suhartanto lokasi tersebut diharapkan akan menjadi salah satu destinasi wisata di wilayah Gunungkidul, sehingga dapat mempromosikan potensi industri maupun kesenian yang ada di Kalurahan Semanu.

Selain itu, di lokasi yang nantinya akan didirikan bagunan Joglo dan limasan ini, dapat digunakan masayarakat sekitar sebagai sarana edukasi.

“Oleh masyarakat dapat digunakan untuk kegiatan budaya, lokasi pelatihan, maupun sebagai sarana pendidikan karakter bagi anak-anak.” Tuturnya.

Pembangunan akan dimulai bulan ini dan dikerjakan oleh pihak ke tiga.

“Awal akan dibangun Joglo, limasan dan lokasi parkir yang dikerjakan oleh rekanan.” Jelasnya.

Baca Juga : Cek In Bersama Teman Wanita, Pria Paruh Baya Malah Tewas


Terpisah, Kepala Seksi Dinas Kundho Kabudayan DIY, Endang Widuri mengucapkan selamat kepada Pemkal Semanu yang kali pertama pada tahun 2023 sebagai Desa Mandiri Budaya dan dialokasikan dana sebesar Rp 1 milyar yang diberikan dalam 2 tahap.

“Untuk tahap pertama sudah kita transfer Rp 450 juta dan untuk tahap keduanya pada bulan September, namun dengan catatan tahap pertama sudah dipergunakan.” Ucapnya.

Endang juga mengatakan jika pihaknya akan selalu melakukan monitoring pengawasan pembangunan pusat industri di Kalurahan Semanu.

“Bila di pihak ke tigakan tidak apa – apa, tetapi kita akan melakukan pengawasan dan evaluasi dengan tim dan pihak lainnya.” Jelasnya.

 

Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Advertisementspot_img

BACA JUGA