Selasa, Maret 5, 2024
spot_imgspot_img

FAKTA TERBARU

TNI/ Polri Susun Konsep Pengawalan Dan Pendistribusian Logistik Pemilu 2024

Advertisementspot_imgspot_img
Advertisementspot_imgspot_img

Gunungkidul (Fakta9.com)_ _// Polres Gunungkidul bersama Kodim 0730/GK, KPU dan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menggelar rapat koordinasi untuk mendukung kesiapan pungutan suara pada Pemilu 2024, Senin (18/12/2023).

Kapolres Gunungkidul, AKBP Edy Bagus Sumantri memaparkan perlu adanya prosedur dan kesiapan terhadap personel yang melakukan pengawalan distribusi logistik sampai dengan pengamanan logistik saat di gudang tingkat Kapanewon maupun Kalurahan.

Untuk mendukung proses pendistribusian dan pengamanan logistik pemilu agar berjalan dengan lancar, perlu dilakukan penyusunan konsep pengamanan oleh KPU, TNI dan Polri sehingga pada saat pelaksanaan distribusi di lapangan maupun pengawalan pada pemungutan suara nanti, tidak berpotensi menimbulkan resiko atau gangguan keamanan.


Baca juga : Padukuhan Wotawati Diharapkan Dapat Mendongkrak Perekonomian Warga


“Prosedur pengamanan dan pengawalan terhadap logistik pemilu perlu dikonsepkan dengan baik, ini untuk menghindari timbulnya resiko gangguan di lapangan maupun proses pendistribusian yang dapat menimbulkan polemik pada saat pemungutan suara mendatang, termasuk peran Satlinmas dalam pengamanan di lokasi pemungutan suara.” Ujarnya.

Dalam rapat koordinasi tersebut Dandim 0730/GK, Letkol Kav Anton Wahyudo menyampaikan bahwa perlu diantisipasi keamanan logistik pemilu dari kerusakan oleh alam, terutama pada saat memasuki musim hujan, sehingga kerusakan logistik pemilu dapat diminimalisir.

“Semua tanggung jawab itu kita angkat bersama dan kami tekankan netralitas bagi TNI Polri di Pemilu 2024 agar tetap dijaga, Kami dari Kodim 0730/GK siap membantu dan menyukseskan pemilu 2024 di wilayah Gunungkidul.” Ujarnya.

Baca juga : Delapan Peserta Ikuti Ujian Dukuh Pokak dan Staf Pamong Kalurahan Karangawen


Pengamanan logistik pemilu dari gudang KPU ke PPK selanjutnya ke TPS maupun pergeseran kembali ke KPU pasca pemungutan suara harus dipastikan aman, hal ini perlu dilakukan untuk mendukung berjalannya Pemilu 2024 dengan aman dan lancar, hal tersebut disampaikan oleh Kabag Ops Polres Gunungkidul, AKP Mustaqiem.

“Kotak suara dan kelengkapan lain yang saat ini berada di gudang KPU telah dilakukan pengamanan oleh personel Polri, dan pada saat pemungutan suara pada 14 Februari 2024 mendatang, pengamanan dilokasi akan dilakukan oleh TNI, Polri dan Satpol PP dalam hal ini adalah petugas dari Satlinmas.” Imbuhnya.

 

Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Advertisementspot_img

BACA JUGA