Selasa, Maret 5, 2024
spot_imgspot_img

FAKTA TERBARU

Tampil Perdana di Gunungkidul, Putra Dalang Ki Sutono Hadi Sugito Memukau Penonton

Advertisementspot_imgspot_img
Advertisementspot_imgspot_img

Paliyan (Fakta9.com)_ _//Untuk pertama kalinya tampil di depan penonton, Dalang Ganesh Hadi Sugito berhasil memukau penonton di Padukuhan Mengger, Kalurahan Karangasem, Paliyan, dalam Rasul (merti dusun) Mengger Tahun 2023, Senin (26/06/2024) malam.


Baca Juga : Benda Menyerupai Mortir Ditemukan di Alun – Alun Wonosari


Pertunjukan putra dalang kondang Ki Sutono Hadi Sugito itu mengambil lakon Wahyu Ketentreman.

“Ceritanya mengisahkan tentang perjalanan Pandawa mendapatkan wahyu untuk ketenteraman dan kesejahteraan bagi rakyatnya.” Ungkap Ganesh.

Pertunjukan tersebut menampilkan bagian klasik dari cerita epik perjalanan kekuatan lima saudara Pandawa yang dalam cerita wayang merupakan wakil-wakil dari sikap dan tingkah laku yang baik. Semar seakan mewakili kaum jelata biarpun aslinya berasal dari kelompok para Dewa di Suralaya, sedangkan Bathara Kresna adalah kaum elite atau raja yang semasa mudanya diasuh Semar dan anak-anaknya.

Cerita ini dimulai dengan keinginan Semar sebagai perantara turunnya “Wahyu Ketenteraman”, suatu kekuatan untuk menentramkan masyarakat, agar bekerja secara gotong royong mengembangkan program ketenteraman bagi rakyat.


Baca Juga : Curi Sertifikat Milik Bosnya, Pelaku Ngaku Terlilit Utang Rentenir


Usaha itu dilakukan secara gotong royong melenyapkan Pagebluk yang melanda desanya. Semar sebagai perantara turunnya wahyu mendapat petunjuk Dewa agar wahyu dapat diberikan kepada yang berhak dengan penuh kedamaian.

Penampilan remaja berusia 23 tahun itu semakin Istimewa dengan di iringan gamelan dan 6 sinden dari mahasiswa Universitas Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.


 

Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Advertisementspot_img

BACA JUGA