Jumat, Februari 23, 2024
spot_imgspot_img

FAKTA TERBARU

Sunaryanta Serahkan Perlengkapan Ruang Arsip ke Kalurahan Jepitu

Advertisementspot_imgspot_img
Advertisementspot_imgspot_img

Girisubo (Fakta9.com)_ _// Sebagai upaya terwujudnya ketertiban pengeloaan arsip baik data tanah kasultanan, dan tanah kalurahan, Bupati Gunungkidul menyerahkan perlengkapan ruang arsip kepada Kalurahan Jepitu, Kapanewon Girisubo, Senin (13/11/2023).


Baca Juga : Dukuh Kerjo II Diberhentikan Sementara, Agung “Bentuk Tim Investigasi”


Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Kundha Niti Mandala sarta Tata Sasana), Fajar Ridwan mengatakan bahwa penyerahan perlengkapan ruang arsip itu adalah sebagai pendampingan dan pembinaan dalam hal pemeliharaan dokumen tanah kasultanan, tanah Kadipaten dan tanah kalurahan.

“Digitalisasi ini diberikan guna keberlangsungan kegiatan pengarsipan dokumen pertanahan agar aman terutama dalam jangka  panjang.” Kata Fajar.

Pihaknya mengatakan, penerima manfaat dari terealisasinya sub kegiatan Pemeliharaan Dokumen Pertanahan adalah 1 Kalurahan di Jepitu, Kapanewon Girisubo, Kabupaten Gunungkidul.

“Kegiatan pembelian hibah perlengkapan arsip didanai dari Dana Keistimewaan TA 2023  senilai Rp. 87.208.482,00.” Ucap Fajar.

Berbagai jenis barang yang diberikan antara lain meja, kursi, filling cabinet, scanner kipas angin, lemari peta atau horisontal filling cabinet, komputer destop unit pc, printer dan lampu LED.


Baca Juga : Trouble Saat Jalan Menanjak, Truk Dump Tabrak Kendaraan Yang Berada di Belakangnya


Bupati Gunungkidul, Sunaryanta dalam sambutannya mengatakan bahwa upaya pengarsipan terpadu ini akan mendukung percepatan tata kelola kearsipan yang lebih baik karena memanfaatkan teknologi. Apa yang ada di Kalurahan Jepitu ini kedepan dapat dijadikan role model.

“Mudah – mudahan ini akan terealisasi dan menjadi contoh kalurahan lainnya sehingga tidak ada masalah dalam permasalahan kepemilikan tanah.” Papar Bupati.

Bupati juga menerangkan, sistem kearsipan di Kalurahan Jepitu ini terlaksana hingga tingkat RT, RW, Padukuhan dan Kalurahan. Sehingga semua data kearsipan dapat tersimpan dengan baik tanpa takut hilang atau tertukar.

“Semuanya bisa kita lihat melalui layar komputer ini, baik batas wilayah kepemilikan dan data pendukung lainnya.” Ujarnya.

 

Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Advertisementspot_img

BACA JUGA