Selasa, Juli 23, 2024
spot_imgspot_img

FAKTA TERBARU

Perbaikan Jembatan Bunder 1 Akan Segera Dikerjakan, Ini Rekayasa Lalulintas Yang Akan Diterapkan

Advertisementspot_imgspot_img
Advertisementspot_imgspot_img


PATUK, (Fakta9.com)_ _//  Pekerjaan Jembatan Bunder 1 yang terletak di Kalurahan Bunder, Kapanewon Patuk akan segera  dilaksanakan oleh Dirjen Bina Marga. Pekerjaan tersebut akan dimulai pada tanggal 2 juni 2022 diperkirakan akhir bulan Agustus sudah akan selesai pengaspalan.

Pekerjaan perbaikan jembatan Bunder 1 yang dikerjakan adalah berupa pembongkaran, penggantian plat beton, pengaspalan dan pengembalian fungsi fasilitas jalan.


Baca Juga : Hilang Sejak 2 Hari Lalu, Lansia Asal Gedangsari Belum Juga Diketemukan


Disampaikan oleh Bayu Susilo Aji selaku Kepala Bidang Lalulintas Dinas Perhubungan Gunungkidul melalui keterangan tertulis, bahwa untuk koordinasi dan simulasi rekayasa lalulintas selama perbaikan jembatan telah dilakukan.

Koordinasi ini dengan melibatkan beberapa instansi terkat diantaranya ,Dirjen Binamarga, Kontraktor Pelaksana, Ditlantas Polda DIY, Polres Gunungkidul, Polsek Patuk, Polsek Playen,Dirjen Perhubungan darat, Dishub DIY, Dishub Gunungkidul,Kapanewon Patuk, Serta instansi terkait lainya.

“Untuk koordinasi dan simulasi rekayasa lalulintas dengan dinas dinas terkait pada saat pembangunan Jembatan Bunder 1 berlangsung, sudah kami lakukan bersama pada hari Rabu tanggal 25 Mei 2022 kemarin,” Jelasnya(26/05/2022).

Lebih lanjut disampaikan oleh Bayu, bahwa rekayasa lalu lintas  selama perbaikan jembatan, arus lalulintas menggunakan jembatan sisi utara/timur (jembatan yg tadinya satu arah dari arah jogja) digunakan untuk 2 arus berlawanan. untuk pemisah dan pengarah arus akan menggunakan waterbarier, trafficone dan rambu rambu.

Untuk rambu pengarah dan pemisah akan dipasang mulai jarak 200m sebelum dan sesudah area jembatan , pemasangan papan himbauan dan pemberitahuan pekerjaan akan dipasang sebelum masuk area pembangunan perbaikan jembatan.

“Juga akan dilakukan pemasangan lampu baik pemasangan penerangan jalan maupun lampu selang panjang untuk mengarahkan arus lalu lintas sebelum di lokasi dan sesudah dilokasi pembangunan, ” Imbuh Bayu Susilo Aji.

Kabid Lalulintas Dinas Perhubungan Gunungkidul juga menambahkan, bahwa pemasangan rambu rambu baik perintah juga pengarah maupun peringatan baik di sebelum maupun sesudah juga dipasang pada lokasi pembangunan.

Pihaknnya juga memberikan himbauan kepada pengendara yang akan melintas agar selalu berhati hati dan selalu memperhatikan keselamatan dalam berkendara.


Baca Juga : Hilang Sejak Pagi, Seorang Lansia Ditemukan Tewas Mengambang di Kolam


Juga bagi pengendara lebih baik dianjurkan untuk menghindari jalan utama dan serta menggunakan jalur alternatif yaitu melalui
Simpang empat Gading melewati  Jalan baru  kemudian simpang 4 Ngalang  belok kiri arah Sambipitu dan atau arah sebaliknya.

“Kita akan memberi himbauan dan pengarah disetiap persimpangan untuk memudahkan berlalu lintas bagi masyarakat dan pengguna jalan,” Terangnya kembali.

Sedangkan dari pelaksana pekerjaan dibantu instansi terkait, juga dari pihak Kepolisian akan bertugas memberikan pengawasan lalu lintas selama 24 jam.

“Jika dalam pelaksanaan terjadi sesuatu hal hambatan lalulintas, segera akan dilaksanakan evaluasi dan rekayasa lalulintas kembali,” Pungkasnya.

Suryono_ Fakta9.com

Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

BACA JUGA