Minggu, Juni 23, 2024
spot_imgspot_img

FAKTA TERBARU

Ngulek Sambel, UNY Gunungkidul Pecahkan Rekor Muri

Advertisementspot_imgspot_img
Advertisementspot_imgspot_img

GUNUNGKIDUL, DIY (FAKTA9.COM)_ _// Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Gunungkidul berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan menggelar lomba mengulek sambal yang melibatkan 630 peserta.

Acara yang menjadi bagian dari rangkaian Festival Kuliner Bhojana Boga 2024 ini dilaksanakan oleh mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Tata Boga dari Fakultas Vokasi UNY Gunungkidul.


Baca Juga : Dua Orang Meninggal Dunia Dalam Kasus Keracunan Massal di Playen


Dekan Fakultas Vokasi UNY Gunungkidul, Prof. Komarudin mengapresiasi keberhasilan pemecahan rekor tersebut.

“Ini sebenarnya tugas mata kuliah, tapi dikemas dalam bentuk wirausaha agar bisa memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan UMKM.” Ucapnya.

Acara yang berlangsung di Fakultas Vokasi UNY Gunungkidul ini disambut hangat oleh masyarakat dan berlangsung meriah. Tidak hanya dukungan materiil, pihak fakultas juga memberikan support non-materiil untuk kesuksesan acara ini.

Ketua Panitia Festival Kuliner Bhojana Boga 2024, Mintaharsana menjelaskan bahwa tujuan utama dari lomba mengulek sambal ini adalah untuk mengangkat budaya sambelan yang khas dari Gunungkidul ke tingkat yang lebih tinggi.

“Alhamdulillah, kita berhasil memecahkan rekor dengan 630 pengulek sambal.” Tegasnya.

Dilanjut jika peserta lomba mengulek sambal berasal dari berbagai kalangan, termasuk instansi pemerintahan, mahasiswa, penggerak PKK, dan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dari lingkungan Gunungkidul.

“Harapannya ialah dapat memperkenalkan bahan lokal yang diolah menjadi kuliner kekinian, sehingga menarik minat generasi muda.” Imbuhnya.

Sementara itu, perwakilan MURI, Sri Widiyati mengatakan jika UNY telah beberapa kali mencatatkan rekor MURI sebelumnya.

“Pada Selasa, 28 Mei 2024, MURI kembali hadir untuk mencatat rekor spektakuler yaitu lomba mengulek sambal dengan peserta terbanyak dalam budaya sambelan di Gunungkidul.” Ujarnya.

Baca Juga : Tak Kuat Menanjak, Honda Brio Masuk Jurang di Girisubo


Awalnya, panitia menargetkan 500 peserta untuk lomba ini. Namun, antusiasme masyarakat yang luar biasa membuat jumlah peserta mencapai 630 orang, melebihi ekspektasi awal.

“Festival Kuliner Bhojana Boga 2024 bukan hanya tentang pemecahan rekor, tetapi juga menjadi ajang untuk mempererat kebersamaan dan memperkenalkan kekayaan kuliner lokal Gunungkidul kepada masyarakat luas. Acara ini diharapkan dapat mendorong inovasi dalam mengolah bahan-bahan lokal dan meningkatkan daya tarik wisata kuliner di daerah tersebut.” Paparnya.

 

Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Advertisementspot_img

BACA JUGA