Selasa, Maret 5, 2024
spot_imgspot_img

FAKTA TERBARU

Modus Gandakan Uang, Warga Bandung Tipu Ratusan Juta

Advertisementspot_imgspot_img
Advertisementspot_imgspot_img

Yogyakarta (Fakta9.com)_ _// Seorang pria berinisial RAB (52) warga Bandung, Jawa Barat, ditangkap Unit 1 Jatanras Polresta Yogyakarta lantaran telah melakukan penipuan dengan modus pengandaan uang.


Baca Juga : Belasan Peserta Ikuti Ujian Pamong Kalurahan Pacarejo


Kasat Reskrim Polresta Yogyakarta AKP Probo saat melaksanakan jumpa pers pada Senin (11/12/2023) bahwa kasus ini bermula saat korban AR (44) warga Lampung, melihat iklan di Facebook tentang pengobatan spiritual yang dilakukan pelaku.

“Korban yang tertarik kemudian menghubungi pelaku melalui akun Facebook tersebut. Dalam percakapannya, pelaku mengaku memiliki kemampuan pengobatan spiritual dan dapat menggandakan uang.” Terangnya.

Korban pun tertarik dan akhirnya bersedia menyerahkan uang sebesar Rp58,5 juta kepada pelaku, secara bertahap yaitu mulai dari Rp 300 ribu, Rp 4 juta, Rp 3,5 juta, Rp 40 juta, dan Rp 7 juta.

Setelah menerima uang tersebut, pelaku kemudian meminta korban untuk melakukan ritual tertentu.

Namun, setelah korban melakukan ritual tersebut, uang yang dijanjikan pelaku tidak kunjung muncul.

“Korban yang merasa tertipu akhirnya melaporkan kejadian tersebut ke Polresta Yogyakarta.” Ucapnya.

Baca Juga : Melaju Terlalu Kekanan, Mobil Pick Up Tabrak Pemotor


Berdasarkan laporan itu, penyidik Unit 1 Subdit Jatanras Polresta Yogyakarta melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap pelaku di tempat kosnya di daerah Sewon, Bantul, pada tanggal 30 November 2023.

Dari hasil pemeriksaan, pelaku mengakui perbuatannya. Pelaku mengaku menggunakan modus pengobatan spiritual untuk menipu korban.

“Pelaku mengaku tidak memiliki kemampuan untuk menggandakan uang. Uang yang diserahkan korban digunakan pelaku untuk keperluan pribadi.” Ujarnya.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman hukuman maksimal 4 tahun penjara.


 

Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Advertisementspot_img

BACA JUGA