Selasa, Maret 5, 2024
spot_imgspot_img

FAKTA TERBARU

Kendaraan Berat Dilarang Melintas Jalur Cinomati – Dlingo

Advertisementspot_imgspot_img
Advertisementspot_imgspot_img

BANTUL, (Fakta9.com)__//Pasca insiden kecelakaan Isuzu Elf nopol N 7602 TA yang membawa rombongan dan mengalami rem blong hingga menewaskan seorang penumpang pada 09 Desember 2023 lalu, pihak Kepolisian saat ini melarang kendaraan berkapasitas besar melintas jalur alternatif Cinomati Pleret – Dlingo.

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana menyatakan, larangan tersebut disampaikan untuk mencegah terjadinya insiden serupa.

Pasalnya, spesifikasi jalan di jalur Cinomati tidak memungkinkan untuk dilintasi kendaraan-kendaraan berkapasitas besar.


Baca juga : BPIP RI Bersama Bela Negara UIN Sunan Kalijaga Turunkan Stungting di Gunungkidul


“Kami mengimbau, untuk kendaraan besar dan berpenumpang banyak tidak melintas jalur Cinomati karena melihat dari (lebar) jalan yang tidak besar serta terjalnya tanjakannya,” tegas Jeffry, Senin (11/12/2023).

Ia meminta kepada masyarakat memahami hal tersebut dan tidak nekat melewati jalur Cinomati demi keselamatan.

Menurut Jeffry, pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait mengenai larangan tersebut.

“Nantinya, akan dibuat rambu-rambu larangan melintas bagi kendaraan besar dan dipasang di sejumlah titik di jalur alternatif itu,” beber dia.

Jeffry menambahkan, selama tahun 2023 telah terjadi kecelakan dua kali kecelakan di jalur Cinomati yang menyebabkan korban jiwa, luka dan kerugian materi.

“Selama tahun 2023 ini, tercatat dua kali terjadi kecelakan. 1 korban di antaranya meninggal dunia,” ungkap dia.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, kecelakaan lalu lintas tunggal terjadi di Jalan Cinomati Pleret – Dlingo Bantul, Sabtu (09/12/2023). Dalam kejadian ini 1 orang tewas dan belasan korban lainnya mengalami luka-luka.


Baca juga : Terlibat Aksi Tawuran Dan Membawa Senjata Tajam, 3 Remaja Ditangkap


Jefrry mengungkapkan peristiwa ini bermula saat mobil jenis Elf melaju dari Dlingo dengan membawa 17 penumpang melewati Cinomati. Tetapi sampai tikungan yang curam kendaraan tersebut mengalami rem blong.

“Sopir tak berhasil mengusai kemudi sehingga mobil masuk jurang,” jelasnya.

Polisi bersama warga dan relawan langsung mengevakuasi korban maupun mobil yang masuk jurang. Seluruh korban dibawa ke RS Nurhidayah dan RS Permata.


 

Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Advertisementspot_img

BACA JUGA