Senin, Desember 6, 2021
spot_imgspot_img
Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Kalurahan Ngeposari Berhasil Sabet Juara 1 Penyaji Terbaik Dalam Gelar Potensi Rintisan Kalurahan Budaya

spot_img
spot_img
spot_img

SEMANU ( fakta9.com ) _ _// Dalam helatan Gelar Potensi Rintisan Kalurahan Budaya yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul pada tanggal 20 sampai 23 November 2021 di ikuti oleh 22 Kalurahan Segunungkidul. Kalurahan Ngeposari, Kapanewon Semanu mendapatkan Gelar Penyaji Terbaik 1.


Baca Juga : Peringati Hari Cinta Puspa dan Satwa 2021, Bupati Gunungkidul Ajak Masyarakat Untuk Melestarikan Lingkungan


Lurah Ngeposari, Ciptadi ketika ditemui di kantor Kalurahan pada hari Rabu (24/11/2021) menyampaikan bahwasanya pencapaian yang di dapatkan Kalurahan Ngeposari pada ajang Gelar Potensi Rintisan Kalurahan Budaya ini adalah berkat kerja keras team yang selalu belajar dari kegagalan di tahun tahun sebelumnya.

” Kami sudah lima kali selama lima tahun mengikuti Gelar Potensi Rintisan Kalurahan budaya, namun Alhamdulillah berkat kerja keras dan totalitas team di tahun 2021 ini kami mendapatkan Juara 1 penyaji terbaik dalam ajang itu,” Ucap Ciptadi.

Ia berharap dengan capaian hasil dalam perhelatan tersebut, nantinya Kalurahan Ngeposari bisa menjadi salah satu wilayah yang memiliki keunggulan dalam bidang kebudayaan.

Dan tentunya hal itu merupakan sebuah tanggung jawab yang besar yang harus di jaga dan dilestarikan.

“Ini adalah tanggung jawab yang berat bagi team dan seluruh masyrakat, karena dengan naiknya status Kalurahan maka harus di imbangi dengan kerja keras,” Tuturnya.

Baca Juga : Petilasan Mbah Soleh, Diyakini Sebagai Tempat Sakral Untuk Ngalap Berkah


Dalam event tersebut, Kalurahan Ngeposari menyajikan beberapa produk lokal yang untuk dipameran. Sedangkan di panggung intertaiment, pada pementasan awal (10 menit pertama) mereka menampilkan ritual adat nyebar pada musim tanam.  Dimana harapnnya wilayah Ngeposari yang mayoritas warganya bermata pencaharian bertani dapat mendapatkan hasil melimpah di musim tanam tahun ini.

Kemudian di pertunjukan selanjutnya disuguhkan cerita rakyat yang selama ini berkembang di padukuhan Mojo, yaitu yaitu Sumber Semut yang dipercaya sebagian cikal bakal, akal bakal Dusun Semuluh.


Danar_Fakta9.com

spot_img
spot_img
spot_img

FAKTA TERBARU

JANGAN LEWATKAN