Minggu, Juni 16, 2024
spot_imgspot_img

FAKTA TERBARU

Disdikpora DIY Gelontorkan Anggaran Rp 2 Milyar Untuk Bebaskan Ijazah Siswa Yang Ditahan Sekolah

Advertisementspot_imgspot_img
Advertisementspot_imgspot_img

Penulis : Karen Hardini

Yogyakarta (Fakta9.com)__//Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) anggarkan milyaran rupiah untuk mengatasi masalah ijazah yang tertahan di sekolah.

Kepala Disdikpora DIY Didik Wardaya menyampaikan jika dengan total anggaran sebesar Rp 2 Milyar pihaknya akan memberikan beasiswa bagi sejumlah siswa yang ijazahnya tertahan karena memiliki tunggakan pembayaran SPP.


Baca juga : Polisi Berhasil Meringkus Pelaku Penggelapan Sepeda Motor


“Beasiswa diberikan kepada siswa SMA atau SMK swasta di DIY, yang ijazahnya ditahan sekolah karena belum memenuhi kewajiban pembayaran SPP.” tuturnya.

Rencananya pada tahun ini beasiswa jaminan kelangsungan pendidikan akan disampaikan dalam dua tahap. Tahap pertama akan membebaskan 408 ijasah, dan tahap kedua 1.144 ijazah.

Untuk mendapatkan beasiswa tersebut, menurut Didik syaratnya adalah pertama, penduduk DIY, lulusan SMA atau SMK swasta di DIY mulai tahun pelajaran 2016/2017 sampai dengan tahun pelajaran 2021/2022, dan diprioritaskan terhadap siswa dengan latar belakang ekonomi kurang mampu serta memiliki tunggakan maksimal Rp 4 juta.


Baca juga : Atap Bangunan Sekolah Ambruk, Proses Belajar Mengajar Tetap Berjalan


“Bagi siswa dengan latar belakang ekonomi tidak mampu dibuktikan dengan keikutsertaan orangtua dalam program pengentasan kemiskinan yang diselenggarakan pemerintah dan jumlah tunggakan maksimal Rp 4 juta, ” terangnya

Dengan adanya program ini, siswa yang ijazahnya telah di bebaskan dapat menggunakan ijazahnya untuk melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi maupun untuk mendaftar pekerjaan.


 

Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Advertisementspot_img

BACA JUGA