Sabtu, September 30, 2023
spot_imgspot_img
Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Buktikan Dua Perguruan Silat Tak Bermusuhan, Pengesahan Warga Baru PSHT Dilaksanakan di Kandang Pagar Nusa

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

Sleman, (Fakta9.com)– Ada yang menarik dalam acara pengesahan ratusan warga baru Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) yang dimulai pada Senin, (24/07/2023) kemarin. Pasalnya acara pengesahan tersebut berlangsung di wilayah kandang Pagar Nusa (PN) Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman.

Perguruan Pagar Nusa (PN) sendiri merupakan organisasi pencak silat di bawah naungan Nahdlatul Ulama.


Baca juga : Sambut HUT Yonmek 403/WP ke- 58, Danyonif Laksanakan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan


Dewan PSHT Pusat Madiun Andreas Ekasati menjelaskan bahwa, PSHT dan Pagar Nusa merupakan organisasi pencak silat yang lahir dari para pejuang kemerdekaan. Sehingga tidak ada alasan dua organisasi besar ini menjaga persaudaraan.

“Ini menjadi bukti. Pengesahan warga baru tahun 2023 di Cabang Sleman Pusat Madiun ini terlaksana dengan bantuan sedulur Pagar Nusa,”terang Andreas dalam sambutannya.

Pengasuh PP Al Qodir sekaligus Dewan Pendekar Pagar Nusa Kyai Masrur Ahmad berpesan bahwa PSHT dan PN sejatinya tidak pernah bermusuhan. Keduanya merupakan tempat mengasah tentang ajaran budi luhur. Adanya kompetisi atau pertarungan kedua pencak silat ini sudah biasa dalam lomba maupun kompetisi.

“Silahkan kalau di panggung jotosan (bertarung). Namanya lomba itu biasa, tidak hanya pencak silat saja namun semua itu dilombakan bahkan hafalan. Maka ayo kalau mau berprestasi tapi tidak di jalanan,”terang Kyai Masrur.

Sementara itu ketua PSHT Cabang Sleman Pusat Madiun Drs. H Parwoto mengaku bahwa kegiatan pengesahan warga PSHT di kandang PN ini merupakan bukti nyata paseduluran. Di wilayah Yogyakarta, kedua perguruan silat tersebut diakui Sutrisno adem ayem dan guyub rukun.


Baca juga: Anggota Polres Bantul Bersih – Bersih Pantai


“Ini bukti bahwa warga PSHT konsisten menjaga ajaran budi luhur,”tandasnya.

Kegiatan pengesahan warga baru PSHT tahun 2023 ini juga dihadiri sejumlah pejabat seperti Forkopimda Sleman dan instansi pemerintah terkait.


 

spot_img
spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

FAKTA TERBARU

BACA JUGA