Selasa, Juli 23, 2024
spot_imgspot_img

FAKTA TERBARU

Wakil Bupati Gunungkidul Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pacasila

Advertisementspot_imgspot_img
Advertisementspot_imgspot_img

GUNUNGKIDUL, DIY (FAKTA9.COM)_ _// Wakil Bupati Gunungkidul memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 dengan membacakan sambutan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, Yudian Wahyudi.

Upacara tersebut mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.


Baca Juga : Cabuli Anak Dibawah Umur, Warga Gunungkidul Masuk Bui


Dalam sambutannya, Heri Susanto menegaskan pentingnya momen ini sebagai pengingat sejarah ketika Bung Karno memperkenalkan Pancasila pada tahun 1945 di hadapan sidang BPUPKI.

Tema tahun ini menurutnya, mengandung makna mendalam bahwa Pancasila menjadi pemersatu bangsa yang kaya akan keberagaman suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

“Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya menjadi bintang pemandu kehidupan bangsa kita, memastikan kita tetap berada di jalur yang telah dicita-citakan oleh para pendiri negara. Keberadaan Pancasila adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa bagi bangsa Indonesia.” Ujarnya dalam upacara yang digelar di Stadion Gelora Handayani, Wonosari, Sabtu (1/6/2024).

Dirinya menekankan bahwa Pancasila mengajarkan inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada harus dirajut dalam identitas nasional, yaitu Bhinneka Tunggal Ika. Pada kesempatan yang bersejarah ini, ia mengajak seluruh komponen bangsa untuk membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Pancasila telah terbukti mempersatukan kita dalam menghadapi berbagai tantangan sejarah. Sebagai bintang penuntun, Pancasila membawa Indonesia menuju gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi saat ini.” Paparnya.

Heri juga menyoroti tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia di tengah pesatnya kemajuan teknologi informasi. Menurutnya, Pancasila harus menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. Heri Susanto mengajak seluruh masyarakat untuk menggunakan teknologi dan media sosial secara bijaksana dengan menyebarkan konten-konten positif yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila.

“Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Keberhasilan kita menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik di tengah krisis global merupakan bukti nyata kontribusi gotong royong seluruh anak bangsa dengan Pancasila sebagai pondasi dasarnya.” Tegasnya.

Baca Juga : Niat Usir Nyamuk, Kandang Milik Warga Nglipar Dilalap Jago Merah


Mengakhiri sambutannya, Heri Susanto mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. Ia berharap peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat seluruh rakyat Indonesia.

“Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua untuk kejayaan bangsa dan negara Indonesia. Selamat Hari Lahir Pancasila.” Imbuhnya.

 

Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

BACA JUGA