Sabtu, Juli 13, 2024
spot_imgspot_img

FAKTA TERBARU

Tiga Pelaku Pencuri Brankas di Sleman Diancam 7 Tahun Penjara

Advertisementspot_imgspot_img
Advertisementspot_imgspot_img

Penulis : M. Handa Hanafi

SLEMAN, (Fakta9.com)__//Tiga pelaku pencurian berinisial IWN (65) warga Semarang, PTRS (52) warga Surabaya, Jawa Timur, dan IWN (65) warga Semarang Jawa Tengah diamankan Sat Reskrim Polresta Sleman.

Kasat Reskrim Polresta Sleman Kompol Deni Irwansyah, S.E., SI K., M.M menyampaikan jika para pelaku ditangkap usai menggasak rumah LWS (40) warga Ngemplak Sleman hingga menyebabkan kerugian puluhan juta rupiah pada 4 Februari lalu sekitar pukul 19.00 Wib.

“Untuk mengelabuhi warga, ketiga pelaku masuk rumah korban dengan mengenakan jaket ojol.” terangnya.

Baca juga : 6 Jam Proses Evakuasi, Mahasiswa UNS Solo Berhasil Diangkat


Sebelum melancarkan aksinya, ketiganya telah memetakan dan mempelajari lokasi rumah yang akan dijadikan target pencurian. Mereka juga sudah mengantisipasi keberadaan CCTV di lingkungan sekitarnya.

“Pelaku telah memetakan terlebih dahulu. Sehingga mereka tahu jika saat waktu Isya rumah dalam keadaan kosong.” tuturnya.

Dalam melancarkan aksinya, ketiga pelaku memiliki peran yang berbeda. Pelaku PTRS bertugas mengamati rumah korban dari jarak 40 meter. Setelah kondisi dirasa aman, pelaku AG dan IWN masuk melompati pagar rumah dan merusak pintu samping menggunakan obeng dan langsung menyasar kamar korban dan mengambil brankas.

Hanya butuh waktu 10 menit pelaku dapat mengambil brankas pemilik rumah. Setelah berhasil dibuka dan diambil isinya, brankas kemudian dibuang di sekitar Selokan Mataram. Dan para pelaku lalu melarikan diri ke luar kota.


Baca juga : Diduga Ada Masalah Pengapian, 1 Unit Toyota Avansa Ludes Terbakar


“Dari dalam brankas, para pelaku berhasil mengabil perhiasan emas, berlian, uang tunai, BPKB mobil, ijazah dan koin perak.” ungkap Deni Irwansyah

Untuk mempertanggungjawabkan atas perbuatannya, para tersangka dijerat Pasal 363 ayat 1 KUHP dengan ancaman tujuh tahun penjara.


 

Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

BACA JUGA