Minggu, Juni 23, 2024
spot_imgspot_img

FAKTA TERBARU

Meriahnya Acara Nyadran di Pantai Wedi Ombo

Advertisementspot_imgspot_img
Advertisementspot_imgspot_img

GUNUNGKIDUL, DIY (FAKTA9.COM)_ _// Masyarakat Kalurahan Jepitu, Kapanewon Girisubo, menggelar acara sedekah laut/ Nyadran Ngalangi di Pantai Wediombo, Kamis (02/05/2024) siang.

Acara tersebut merupakan perwujudan rasa syukur masyarakat Jepitu kepada Allah SWT atas hasil panen pertanian dan tangkapan ikan oleh para nelayan yang berlimpah.


Baca Juga : Seorang Perempuan Nekat Loncat Dari Jembatan Jombor


Upacara sedekah laut itu menggunakan perahu membawa sesaji berupa tumpeng, ingkung dengan aneka macam makanan yang dibungkus dengan daun kelapa.

Dalam sambutannya Lurah Kalurahan Jepitu, Sudarta menyampaikan sedekah laut (Nyadran Ngalangi) merupakan bentuk rasa puji syukur masyarakat kepada Allah SWT atas panen raya dan takanpan ikan para nelayan yang berlimpah disetiap tahunnya.

“Agenda Nyadran Ngalangi kami adakan setiap satu tahun sekali sebagai wujud syukur Kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki panen raya yang diberikan kepada masyarakat. Harapan ke depan tradisi budaya lokal yang turun temurun terus bisa dilestarikan sampai regenerasi berikutnya.” Ujarnya.

Baca Juga : Pemerintah Serahkan Penghargaan Terhadap Enam ‘Kartini’ Gunungkidul


Dijelaskan lebih lanjut, pada umumnya prosesi adat Ngalangi itu dimulai saat para nelayan menangkap ikan dengan menggunakan alat tradisional dengan cara dikalang-kalangi atau dikepung.

“Istilah dikalang-kalang inilah yang menjadi sebutan Ngalangi,hasil tangkapan ikan inilah yang menjadi syarat utama sebagai sesaji. Hasil tangkapan itu akan dibakar dan digunakan untuk sesaji ritual sedekah laut.” Paparnya.

 

Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Advertisementspot_img

BACA JUGA