Jumat, Februari 23, 2024
spot_imgspot_img

FAKTA TERBARU

KPU Gunungkidul Gelar Rakor Persiapan Penyimpanan dan Keamanan Logistik

Advertisementspot_imgspot_img
Advertisementspot_imgspot_img

Gunungkidul (Fakta9.com)_ _// Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul menggelar rapat koordinasi persiapan dan pelaksanaan kegiatan distribusi gudang penyimpanan logistik dan keamanan gudang logistik Pemilu tahun 2024 di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang berlangsung di hotel santika dengan peserta Bawaslu, Panewu, Ketua PPK dan kesekretariatan PPK di seluruh Kapanewon se kabupaten Gunungkidul, Rabu (29/11/2023).


Baca Juga : 1.003 Rumah Tangga di Kabupaten Gunungkidul Menerima Bantuan Meteran Gratis


Ketua KPU Gunungkidul, Asih Nuryanti dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal terkait apa yang sudah dilakukan KPU, salah satunya ialah menetapkan Calon tetap DPRD Kabupaten Gunungkidul, sebagai calon tetap yang sudah terkonfirmasi sebagai bahan kampanye di tanggal 28 November 2023 hingga 14 Februari 2023.

“Kami berharap dalam pelaksanaan kampanye di Kabupaten Gunungkidul dapat berjalan aman, tertib dan tidak ada kegaduhan.” Jelasnya.

Berkaitan dengan persiapan logistik Pemilu yang sudah semakin dekat, KPU saat ini sibuk dengan pengadaan logistik yang di kemudian hari ini menjadi bahan Koordinasi terkait persiapan distribusi penyimpanan dan keamanan logistik.

“KPU mengucapkan terimakasih atas dukungan sejak diselenggarakan tahapan di tahun 2023 dan semoga nanti di Gunungkidul sukses dan lancar tidak ada masalah. Terkait dengan rekrutmen pengretrutan KPPS kita akan sampaikan bulan Desember 2023.” Ujarnya.

Selanjutnya ketua PPK Wonosari, Supriyanto menyampaikan bahwa jumlah PPS 14, dengan 296 TPS termasuk 2 TPS khusus, 1480 Kotak Suara, sampai sekarang belum mempunyai gambaran lokasi Gudang karena jumlah kotak untuk tempat singgah di PPS.

“Semua PPS tempat singgahnya di Kantor Kalurahan masing-masing. Menurut gambaran di Wonosari sudah ditentukan tidak jauh dari kantor Kapanewon, walau jauh tempat rekapitulasi dari gudang.” Ujarnya.

Menurutnya Kantor kapanewon Wonosari ruangannya tersedia hanya Ruangan pertemuan di lantai 3, dan yang menjadi masalah ialah tenaga untuk menurunkan kotak suara.

“Wacana menyewa gudang, tetapi saat ini dipakai untuk menyimpan limbah, andai dikeluarkan harus menyiapkan tempat, itu kesulitan dari Kapanewon Wonosari.” Imbuhnya.

Baca Juga : Eli Santoso Dilantik Sebagai Anggota DPRD Kabupaten Gunungkidul


Menanggapi hal tersebut, Panewu Wonosari, Siswanto mengatakan akan memilih tempat terbaik untuk menyimpan kotak TPS.

“Kita akan segera tentukan untuk gudang, dan nantinya akan dikaji bersama dengan melibatkan beberapa stakeholder, termasuk untuk waktu penyimpanan.” Ucapnya.

Sementara itu, Ketua PPK Rongkop, Tuparta menyampaikan bahwa kendala yang dihadapinya adalah jika di Kapanewon Rongkop mempunyai jumlah TPS yang banyak, sehingga akan membuat waktu penghitungan yang lama.

“Biasanya rata- rata 3 hingga 5 hari untuk pengalaman pemilu tahun lalu. Sehingga menjadi bengkak pembiayaan baik honor pengamanan dan operasionalnya.” Tegasnya.

Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Advertisementspot_img

BACA JUGA