Jumat, Februari 23, 2024
spot_imgspot_img

FAKTA TERBARU

Hari Kesehatan Nasional ke- 59, Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju

Advertisementspot_imgspot_img
Advertisementspot_imgspot_img

Gunungkidul (Fakta9.com)_ _// Dalam rangka memeperingati Hari Kesehatan Nasional ke- 59 dengan mengangkat tema “Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju” Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menggelar Resepsi di Pendowo Taman Budaya Gunungkidul (TBG), Rabu (15/11/2023) pukul 10.15 WIB.


Baca Juga : Sakit Hati Saat Pinjam Uang, Pemuda Tusuk Rekannya


Disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, dr. Dewi Irawaty bahwa dalam rangka memperingati HKN ke- 59 Tahun 2023 ini merupakan momentum yang sangat baik untuk mempersatukan tekad dan semangat dalam menata kembali serta meningkatkan mutu pelayanan kesehatan setelah pandemi Covid 19.

“Selama pandemi Covid 19 mutu pelayanan menjadi tidak terperhatikan, dikarenakan kita semua fokus mengutamakan keselamatan jiwa. Untuk ini Pemerintah Pusat telah menetapkan 6 pilar transformasi kesehatan yang harus kita bangun yaitu bidang layanan kesehatan primer, layanan kesehatan rujukan, ketahanan kesehatan, sumberdaya manusia kesehatan, pembiayaan dan transformasi tegnologi informasi.” Paparnya.

Salah satu upaya untuk mengembalikan mutu pelayanan kesehatan yang baik dan berstandar, saat ini tengah dilaksanakan survei akreditasi baik pada Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik, yang mana semua harus selesai pada tahun 2023.

“Bahkan pada hari ini, teman sejawat kita RSUD Saptosari dan beberapa Puskesmas sedang mengikuti survei akreditasi.” Ucapnya.

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul secara bertahap terus melengkapi fasilitas pelayanan kesehatan dengan memenuhi kebutuhan seperti gedung, sarana prasarana  baik untuk Puskesmas, Laboratorium Kesehatan dan Rumah Sakit.

“Bapak Bupati yang kami hormati, kami laporkan bahwa dalam memeperingati HKN ke- 59 ini, telah dilaksanakan beberapa kegiatan antara lain Bakti Sosial, Donor Darah, mengunjungi para Lansia yang miskin dan hidup sendiri, memberikan bantuan ke ODGJ dan mengunjungi pensiunan pegawai kesehatan yang saat ini sedang sakit. Kami juga mengadakan lomba – lomba diantaranya krida saka bhakti husada, lomba video edukasi kader posyandu, lomba kalurahan sehat, dan pelaksanaan jambore kader kesehatan.” Terang Dewi Irawaty.

Selain itu, pihak Dinkes Gunungkidul juga telah melangsungkan kegiatan ilmiah, yaitu seminar bagi tenaga kesehatan, edukasi di Dhaksinarga TV, Senam serta jalan sehat, dan pada hari ini Resepsi sebagai puncak acara kegiatan.

“Alhamdulillah pada tahun 2023 ini, kami mendapat banyak penghargaan di bidang kesehatan, yaitu untuk tingkat nasional peringkat 1 tenaga kesehatan teladan, PPKM Award, sedangkan untuk tingkat provinsi cukup banyak. Keberhasilan ini berkat kerja keras dari seluruh instan kesehatan ditambah dukungan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dalam hal ini Bupati yang selalu memberika arahan, bimbingan dan motifasi ke kami.” Jelasnya.
“Hari ini adalah hari besarnya instan kesehatan, hari dimana semua tenaga kesehatan bisa berkumpul bersama. Kami haturkan terimakasih kepada rekan sejawat atas pelayanan yang diberikan ke masyarakat. Namun demikian kita masih banyak pekerjaan rumah, angka stunting yang cukup tinggi, penyakit tidak menular yang banyak, TBC dan HIV Aids yang belum selesai serta angka bunuh diri yang masih staknan.” Tambahnya.

Dewi mengajak kepada semua tenaga kesehatan untuk selaku menumbuhkan semangat pengabdian, persaudaraan dan kebersamaan.

“Terimakasih saya sampaikan juga kepada seluruh panitia dan teristimewa untuk ketua kegiatan.” Ucapnya.

Baca Juga : Dispora Gunungkidul Gelar Pospekab Tahun 2023


Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi terhadap kinerja dan juga prestasi yang telah dicapai pada Tahun 2023, yaitu Gunungkidul meraih penghargaan di bidang kesehatan yang membuktikan bahwa kerja keras seluruh tenaga kesehatan untuk pelayanan yang terbaik.

“Jangan puas dengan hasil yang diraih karena masih banyak PR kesehatan yang harus perlu ditangani.” Ucapnya.

Sunaryanta menambahkan banyak hal yang perlu dibenahi baik di Gunungkidul, untuk mendukung Indonesia Maju diantaranya pangan, energi, pendidikan dan kesehatan.

“Dengan perkembangan zaman yang semakin maju ini maka kita semua harus mampu berjalan bersama untuk mendukung untuk Indonseia Maju.” Jelasnya.

Advertisementspot_img
Advertisementspot_img

FAKTA TERBARU

Advertisementspot_img

BACA JUGA